Sukses Ternak Lele, Lanjut Ternak Ayam

Senin, 05 Juni 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Desa Aek Raso, 5 Juni 2023 - Kabar gembira datang dari Kelompok Tani (KT) Sabar Menanti yang berada di Dusun Afdeling 7, Desa Aek Raso, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Kelompok tani yang menandatangani  Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Balai Besar KSDA Sumatera Utara pada tanggal 15 April 2022, dan mendapat bantuan kegiatan pemberdayaan masyarakat  pada bulan Juni 2022 sebesar Rp 35.000.000 untuk usaha peternakan  ikan lele. Dengan kerja keras serta sungguh-sungguh dari pengurus dan anggota, akhirnya Kelompok Tani. Sabar Menanti sudah berhasil memanen dan bahkan sudah menjual/memasarkan ikan lele hasil peternakan tersebut ke pondok pesantren. Tidak kurang dari 610 kg panen ikan lele yang telah dipasarkan. 

Keberhasilan dalam peternakan ikan lele, mendorong dan menginspirasi KT. Sabar Menanti untuk terus maju. Hasil penjualan ikan lele, kemudian dikembangkan dengan usaha baru yaitu peternakan ayam kampung, dan saat ini ada sebanyak 100 ekor yang sedang diternakan. Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang, Suyono, S.H., M.Si., beserta staf yang melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan pemberdayaan masyarakat KT. Sabar Menanti, mengapresiasi pencapaian yang diperoleh oleh pengurus serta anggota kelompok tani dan memberi dorongan agar terus bekerja keras mengembangkan usahanya, sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian anggota KT. Sabar Menanti khususnya, dan masyarakat Desa Aek Raso pada umumnya.

Sementara itu, Kelompok Tani Sabar Menanti menyampaikan terima kasih atas segala bantuan, dukungan serta motivasi yang diberikan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dan tetap berharap adanya pendampingan agar kelompok ini dapat terus mengembangkan diri menjadi kelompok tani yang berhasil dan sukses sebagaimana yang diharapkan.


Sumber : A. Rizal M. (Kepala Resort TWA Holiday Resort) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini