Mangrove For Better Life

Jumat, 19 Mei 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Deli Serdang, 19 Mei 2023 - Pada hari Senin itu merupakan puncak Penanaman Mangrove Nasional secara serentak jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) di seluruh Indonesia pada tanggal 15 Mei 2023 dan menjadi hari dan momen spesial.. Untuk tingkat nasional dilaksanakan di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, yang dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo serta Kepala Staf lingkup jajaran TNI. 

Dalam sambutannya, sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara, Presiden menyampaikan  bahwa acara ini dilaksanakan di seluruh Tanah Air demi menjaga habitat hutan mangrove. Indonesia memiliki mangrove terluas di dunia, sekitar 3,3 juta hektar. Hutan mangrove penting terutama untuk mengembalikan habitat kepiting, ikan, biawak, monyet maupun burung-burung.

Penanaman Mangrove Nasional yang  mengusung tema "Manggrove For Better Life", dilaksanakan secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia di 37 provinsi di 370 lokasi, dan salah satunya di Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan penanaman dilaksanakan di kawasan Suaka Margasatwa (SM).

Karanggading Langkat Timur Laut, tepatnya di Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, yang dihadiri, Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin beserta jajaran, Kepala Kepolisan Daerah Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Komandan Kodim Medan, Kapolres Belawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan Provinsi Sumatera Utara Ir. Yulianti Siregar, M.AP., Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara diwakili Kepala Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe, Wakil Walikota Medan, Kabinda, Kejari Negeri Medan, Kepala Balai Pengelolaan DAS dan HL Wampu Sei Ular, Balai Gakkum Wilayah Sumatera, KPH I Langkat, Pemkab Deliserdang, Pemerintahan Kecamatan Labuhan Deli, ormas, KTH, mahasiswa, pelajar, dan pramuka.

Penanaman dilakukan pukul 16.30 dengan jenis tanaman Rhizophora. Sedangkan jenis yang sudah ditanam Bira bira 200 batang dan Rhizopora 36.000 batang, dengan luas areal yang ditanam sekitar 4 Ha. Setelah penanaman dilakukan video confrence dengan Presiden serta penerimaan Rekor Muri atas kegiatan penanaman serentak tersebut oleh Markas Besar (Mabes) TNI.


Sumber : Amenson Girsang, SP., MH. – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini