Simbiosis Mutualisme Balai TN Taka Bonerate dan Fakultas Vokasi Unhas

Kamis, 27 April 2023

Makassar, 17 April 2023. Pembahasan Rencana Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Penguatan Fungsi Taman Nasional Taka Bonerate (TNBTR) melalui Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi di ruang rapat Fakultas Vokasi Unhas akhirnya menemui titik terang. Pada pertemuan tersebut kedua belah pihak telah menyepakati rencana kerja sama seperti yang telah tertuang dalam draf PKS, seperti sharing program, pengembangan program ekoedutourism, memasukan program KEDAIREKA, Teaching Factory yang ada kaitanya dengan pengembangan Resarch Center, supporting program Taman Nasional Taka Bonerate, dan kolaborasi program SDM. Keseluruhan draft final PKS nantinya akan di kirim ke Ditjen KSDAE pusat  untuk mendapat saran masukan dan persetujuan lebih lanjut.

Rapat dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Vokasi Prof. Dr. Ir. Muh Restu M.P dan didampingi Wakil Dekan Ibu Ida Leida Maria, S.KM., M.KM. , KPS Destinasi Wisata Dr. Yadi Mulyadi, S.S., M.A., KPS Budidaya laut dan pantai Ibu Dr. Marlina Achmad, S.Pi., M.Si beserta para Dosen dan Pejabat Struktural lainnya. Sementara itu dari Balai Taman Nasional Taka Bonerate dipimpin langsung oleh Kepala Balai Bpk Ir. Ahmat Yani didampingi Ka.SBTU Usman, S.Hut, M.P. dan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) I Tarupa Raduan, S.H,. M.A.P.

Dalam sambutan dan arahan, pak Dekan menyambut antusias kedatangan tim Balai TNTBR dan menyatakan bahwa rencana kerja sama ini sangat baik bagi kedua belah pihak khususnya untuk pengelolaan kawasan TNTBR dalam mendukung pengembangan potensi daerah, antara lain pengembangan destinasi wisata bahari, keunikan alam dan potensi kelautan dan perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar. Seperti yang diketahui Sekolah Vokasi di Kepulauan Selayar menghadirkan dua program studi yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah sehingga posisi TNTBR sangat penting dan potensial untuk pengembangan prodi Vokasi di Kabupaten Kepulauan Selayar. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kerja sama ini adalah kerjasama yang saling menguatkan kedua belah pihak (fakultas Vokasi dan Balai TNTBR), utamanya untuk penyiapan SDM baik dari Fakultas Vakasi maupun Balai TNTBR.

Sementara itu Kepala Balai TN.Taka Bonerate menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan respon yang baik atas inisiasi kerja sama ini. Berharap kerja sama ini nantinya bisa fokus terhadap peningkatan aspek pemanfaatan pada zona pemanfaatan dan zona tradisional,  jika pemanfaatannya optimal maka dapat mendukung pengelolaan Taman Nasional Taka Bonerate.

Sumber: Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini