Pertama di KLHK, Gepang Library Raih Akreditasi

Senin, 17 April 2023

Cibodas, 17 April 2023. Perpustakaan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) yang terletak di kantor Balai Cibodas dikukuhkan sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) pertama lingkup Direktorat Jenderal KSDAE, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang meraih Akreditasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Meraih capaian ini tentunya tidak mudah, ada beberapa tahapan yang mesti dilewati antara lain penilaian dan verifikasi oleh tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat selama kurang lebih 2 bulan. Aspek yang dinilai antara lain Jumlah Buku Koleksi, Sarana Prasarana Penunjang, Pelayanan, Tenaga Perpustakaan serta Unsur Penguat yang didalamnya terdapat inovasi-inovasi seperti  E-Library (Perpustakaan Digital), Kolintang (Kotak Literasi Gepang) dan Puskoling (Perpustakaan Konservasi Lingkungan). 

Prestasi yang diraih Perpustakaan Khusus bernama "Gepang Library" ini tentunya membanggakan karena selain memperoleh standarisasi untuk sebuah perpustakaan instansi, juga memiliki keunikan karena kolaborasi literasi dengan pendidikan konservasi. Semoga hal ini memacu seluruh pihak terkhusus pegawai BBTNGGP agar senantiasa gemar membaca untuk membuka cakrawala dunia. Seiring dengan Visi yang diusung "Gepang Library" yaitu Menjadikan perpustakaan gepang library sebagai pusat literasi peneliti konservasi alam kelas nasional. Salam Literasi.

Sumber: Agus Deni - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini