Program Ranger Goes To School Siap Kembali di Januari 2023

Kamis, 15 Desember 2022

Labuan Bajo, 13 Desember 2022. Balai Taman Nasional Komodo kembali merancang kegiatan pendampingan pendidikan pelajar Ranger Goes to School (RGTS) yang akan dilaksanakan pada Bulan Januari – Juni 2023 mendatang. Koordinator program RGTS, Muhammad Ikbal Putera, kembali terjun ke SMA/SMK/MA di Kabupaten Manggarai Barat menawarkan usulan program RGTS untuk dapat dilaksanakan di sekolah selama durasi waktu ajar yang ditawarkan. Sebelumnya, program RGTS telah diselenggarakan di SMKN 1 Labuan Bajo, SMKN 3 Komodo, dan SMAN 3 Komodo. Tim berhasil memberikan pengajaran untuk setidaknya 427 siswa dari total ketiga sekolah, 15 kelas per minggu, dan dengan durasi ajar rata-rata 90 menit. Tim RGTS kembali menargetkan tiga sekolah yaitu: SMKN 1 Labuan Bajo, SMKN 3 Komodo, dan SMK Stella Maris Labuan Bajo.

SMKN 1 Labuan Bajo merupakan sekolah menengah kejuruan negeri pertama di Labuan Bajo. Sekolah ini telah  melahirkan  tenaga  kerja  lulusan  SMK  yang  siap  kerja  utamanya  bagi  industri  pariwisata  di Kabupaten Manggarai Barat. Setiap tahun SMKN 1 Labuan Bajo juga mengirimkan banyak siswa magang ke Balai Taman Nasional Komodo yang mendapatkan pembinaan dari para ranger selama tiga hingga enam bulan setiap tahunnya.

Balai Taman Nasional Komodo merasa bahwa para pelajar SMA/SMK/MA di Kabupaten Manggarai Barat, pada umumnya perlu mendapatkan pengenalan dan pendalaman muatan ajar mengenai pengelolaan kawasan konservasi serta keilmuan terkait lainnya dengan maksud agar sumber daya manusia (SDM) industri pariwisata tidak hanya siap kerja, namun juga paham pengelolaan sumber daya alam secara konstruktif dan berkelanjutan. Balai Taman Nasional Komodo berusaha mewujudkan hal tersebut melalui pembelajaran di kelas mengacu pada kurikulum RGTS yaitu Pendidikan Konservasi Taman Nasional Komodo yang telah dirancang tim RGTS Tahun 2022 dan mendorong agar muatan tersebut dapat ditransformasi menjadi muatan lokal wajib pada kurikulum ajar tingkat SMA/SMK/MA lingkup Kabupaten Manggarai Barat.

Koordinator RGTS beserta sebagian anggota tim berkunjung ke SMKN 1 Labuan Bajo pada tanggal 27 Oktober 2022. Kunjungan tim diterima baik oleh Kepala SMKN 1 Labuan Bajo beserta jajarannya di sekolah. Pada kesempatan ini, tim RGTS menawarkan kembali pelaksanaan program RGTS di SMKN 1 Labuan Bajo untuk diseleggarakan Bulan Januari – Juni 2023. Usai pemaparan program, Kepala SMKN 1 Labuan Bajo menyampaikan bahwa program RGTS merupakan ‘angin segar’ bagi sekolah karena sangat berdampak positif bagi siswa-siswi di sekolah. Mempertimbangkan konsistensi dan komitmen tim RGTS dalam  mengajar,   serta   melihat   antusias   siswa-siswi   di   sekolah   terhadap   kehadiran   program pendampingan pendidikan oleh para ranger, Kepala SMKN 1 Labuan Bajo menerima penawaran program dan akan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas sesuai dengan jadwal yang disepakati bersama. Mendengar hal ini, tim RGTS gembira dan bersemangat untuk bisa memberikan yang terbaik bagi sekolah, utamanya siswa-siswi SMA/SMK/MA di Kabupaten Manggarai Barat.

Tim RGTS akan mengajar siswa-siswi program studi (prodi) Usaha Perjalanan Wisata (UPW) kelas XI di SMKN 1 Labuan Bajo. Meskipun Kepala SMKN 1 Labuan Bajo menginginkan agar program RGTS ini juga diajarkan pada prodi lain (akuntansi, teknik informatika, perhotelan, dan tata boga), koordinator RGTS menerima baik usulan dan menyampaikannya ke internal tim pengajar. Mempertimbangkan keterbatasan jumlah tenaga pengajar serta ketersediaan waktu luang dari setiap pengajarnya, koordinator RGTS menyampaikan bahwa akan fokus memberikan pengajaran kepada siswa-siswi prodi UPW terlebih dulu.

Koordinator RGTS menyampaikan hasil koordinasi dengan Kepala SMKN 1 Labuan Bajo kepada Kepala Balai Taman Nasional Komodo seusai pertemuan di sekolah. Kepala Balai Taman Nasional Komodo sangat senang  melihat  semangat  juang  para  ranger  untuk  memajukan  pendidikan  konservasi  pelajar  di Kabupaten Manggarai Barat. Pimpinan mendukung penuh pelaksanaan program dengan dibuatkannya SK Tim Pengajar RGTS Tahun 2023 dan akan berusaha seoptimal mungkin memberikan kemudahan dalam proses pelaksanaannya.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678) 

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini