Road To HKAN 2022, BBKSDA Sumut Edukasi Pelajar Tentang Satwa Liar

Sabtu, 30 Juli 2022

Suasana belajar interaktif dan menyenangkan

Lae Hole, 29 Juli 2022. Rangkaian Road To HKAN 2022, Balai Besar KSDA Sumatera Utara gencar melakukan berbagai kegiatan konservasi alam. Salah satunya dengan melaksanakan edukasi (pendidikan) konservasi alam kepada generasi muda khususnya pelajar SD Negeri 030293 Lae Hole, pada 25-26 Juli 2022. Kegiatan yang dilakukan oleh Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang bersama dengan mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU), diikuti oleh 80 orang siswa/siswi gabungan dari kelas V dan Kelas VI.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi peserta tentang beberapa satwa liar yang dilindungi undang-undang sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.106/MenLHK/Setjen/Kum.1/12/2018, kemudian mengapa satwa liar itu dilindungi, arti pentingnya keberadaan satwa liar bagi ekosistem alam dan kehidupan manusia serta membangun kesadaran akan perlunya upaya-upaya kecil dan sederhana dalam menjaga serta melindungi satwa liar.

Narasumber 

Penyampaian materi dilakukan semenarik mungkin dengan menggunakan model-model pembelajaran yang interaktif, melalui berbagai metode seperti : pemutaran film, diskusi, dan beberapa permainan (games) tebak gerakan, eja kata satwa dan memasangkan/mencocokkan gambar satwa dengan namanya. Juga diberikan quiz berhadiah perlengkapan sekolah, sehingga memberi semangat peserta. Diakhir pembelajaran dilakukan post test (tes singkat) yaitu sejauhmana pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan.

Kegiatan edukasi konservasi alam mendapat apresiasi dari pihak sekolah. Kepala Sekolah SD Negeri 030293 Rindu Waty Purba yang ikut memantau pelaksanaan kegiatan ini, menyampaikan terimakasih kepada Tim dan berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan serta rasa cinta siswa/siswinya terhadap lingkungan dan satwa liar.

Dengan terlaksananya kegiatan Pendidikan Konservasi Alam tentunya dapat menjadi salah satu cara dalam mengenalkan Konservasi Alam kepada generasi muda agar kualitas hidup generasi mendatang tetap terjaga dan lestari.

Foto bersama

Sumber : Hafsah Purwasih, S.Hut. (Penyuluh kehutanan) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Edisuanto situmorang
Semoga akan melahirkan generasi-generasi baru yang peduli dan cinta lingkungan demi kelestarian alam kita. Salam konservasi...Bravo SKW I SIDIKALANG