Kuliah umum dan pembekalan wisudawan SI Kehutanan UGM oleh Dirjen KSDAE

Jumat, 25 Agustus 2017

Yogyakarta (24/8/2017). Bertempat di auditorium Fakultas Kehutanan UGM Dirjen KSDAE, memberikan kuliah umum bagi mahasiswa dan memberikan pembekalan bagi wisudawan S-I Fakultas Kehutanan. Kuliah umum ini tujuannya untuk memperluas wawasan mahasiswa tentang KSDAE dan memotivasi lulusan baru S-1 Kehutan UGM. Mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum tersebut adalah mahasiswa baru, mahasiswa S1 dan mahasiswa S2 Fakultas Kehutanan serta dihadiri oleh civitas akademika Fakultas Kehutanan UGM.

Ir. Wiratno, MSc selaku Dirjen KSDAE memberikan materi” Terobosan (Baru) Urus Hutan (Konservasi) di Indonesia”, dalam paparannya Wiratno menekankan pentingnya penggalian potensi di Kawasan Konservasi serta dokumentasikan hasilnya dalam bentuk buku maupun karya ilmiah lainnya, selain itu beliau menekankan bahwa mengelola hutan tidak hanya tentang pohon tetapi tentang orang-orang yang hidup di dalamnya, sehingga dalam pengelolaan hutan pentingnya digunakan tiga pilar “ Masyarakat adat, agamawan dan Pemerintah Daerah”.

Dalam pembekalan untuk para wisudawan S-I Kehutanan yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Kehutanan, Ketua Jurusan Fakultas, Dosen serta para orang tua wisudawan, Dirjen KSDAE memberikan materi “Welcome to The Real World”, Dunia di luar kampus adalah dunia nyata yang penuh dengan ketidakpastian, dinamika yang berubah dengan cepat dan unpredictable. Termasuk didalamnya dunia kehutanan Indonesia sehingga perlu kemampuan untuk membangun komunikasi dan network dengan key resource person dan dengan pusat-pusat organisasi pergerakan lingkungan. Di pusat pusat itulah kita bisa mendapatkan sharing pengalaman, dan tempat magang yang tentu akan bermanfaat untuk bekal menyosong masa depan para wisudawan/wati”.

Wisudawan S-1 Kehutanan dengan IPK Tertinggi diraih oleh Claudia Maharyani Andayunintyas Permatasari, S.Hut dengan IPK 3,89 dengan Program Studi Minat Silvikultur Hutan dengan predikat Cumlaude. Lulusan tercepat diraih oleh Anggraini Kusuma Dewi, S.Hut dengan lama studi 3 tahun 10 bulan, dan rata-rata lama studi wisudawan adalah 4 tahun 3 bulan. Usia termuda wisudawan adalah 21 tahun 1 bulan oleh Rina Fakhiyah, S.Hut. Total wisudawan 77 orang.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini