Menteri LHK Bersama Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia Tanam Mangrove di SM. Karanggading Langkat Timur Laut

Selasa, 04 Juni 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Penanaman mangrove di kawasan SM. Karanggading Langkat Timur Laut oleh Menteri LHK dan Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia (Dokumentasi : Dede Syahputra Tanjung, SP.)

Karanggading, 3 Juni 2024. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc. bersama Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, SE, M.Sc., Ph.D dan Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia, Andreas Bjelland Eriksen, melakukan kunjungan ke Taman Nasional Gunung Leuser (01/06). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama Indonesia-Norwegia dalam upaya konservasi dan pengurangan emisi gas rumah kaca sekaligus memperlihatkan Orangutan Sumatera dan keindahan wilayah Taman Nasional Gunung Leuser.

Dalam kunjungan ini, Menteri LHK Siti Nurbaya memperlihatkan keindahan Bukit Lawang, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser, kepada Menteri Sri Mulyani dan Menteri Eriksen. Ketiganya berkesempatan melihat langsung Orangutan Sumatera (Pongo abelii), salah satu satwa yang paling terkenal di kawasan ini. Ketiga menteri tersebut sempat menyaksikan dua individu orangutan yang melompat dari dahan ke dahan di tengah pepohonan yang rimbun.

Usai dari Bukit Lawang, rombongan melanjutkan kunjungan kerja ke lokasi pemulihan ekosistem dengan pola Kemitraan Konservasi di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading dan Langkat Timur Laut. Di lokasi ini, rombongan meninjau lokasi pembibitan mangrove serta melakukan penanaman mangrove dan pelepasliaran satwa liar yang dilindungi undang-undang yaitu Tuntong Laut (Batagur borneonsis). Giat penanaman mangrove juga diikuti Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Prof. Dr. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut., M.Agr.Sc. dan pejabat Eselon I Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terus berkomitmen dalam menjaga kelestarian satwa liar dan lingkungan hidup demi masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Sumber : Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini