Burung Sempidan Biru Sumatra TN Batang Gadis

Rabu, 10 Maret 2021

Panyabungan, 10 Maret 2021. Taman Nasional Batang Gadis menangkap keberadaan Sampidan biru Sumatra (Lophura ignita rufa) melalui hasil kamera trap di satu lokasi hutan dengan beberapa titik pemasangan kamera trap. Sejauh pemasangan kamera trap yang telah dilaksanakan tercatat baru tahun 2018 dan 2020, kamera trap menunjukkan keberadaan si burung dengan paras cantik ini. Pada tahun 2018, 4 kamera berhasil menangkap burung ini dengan total poto sebanyak 30 poto dari 8 kamera trap yang dipasang, sementara tahun 2020 ini, kamera hanya menangkap 1 video dari 5 kamera yang dipasang. Hilangnya hutan dan kerusakan habitat menjadi penyebab populasi alami burung ini semakin terancam. Meski IUCN mencatat status keterancaman Sempidan biru berada di Near Threatened (NT).

Sebagai informasi, Sempidan biru dibagi menjadi 3 sub-species, yaitu: Lophura ignita ignita (Lesser Bornean Crested Fireback) yang tersebar di Kalimantan dan Pulau Bangka, Lophura ignita nobilis (Greater Bornean Crested Fireback) tersebar di Kalimantan dan Lophura ignita macartneyi (Delacour’s Crested Fireback) yang tersebar di Sumatera bagian tenggara. Satu sub-spesies lainnya, Lophura ignita rufa (Malay Crested Fireback) kini ditetapkan sebagai spesies tersendiri dengan nama Lophura rufa. Burung ini dulunya termasuk salah satu subspesies Sempidan Biru Lophura ignita yang tersebar luas di Kalimantan hingga pulau Bangka. Namun, kini ditetapkan sebagai spesies terpisah.

Jenis unggas ini termasuk famili Phasianidae dengan ciri-ciri untuk yang jantan berjambul hitam; kulit muka biru; tunggir coklat berangan; ekor berwarna dua, sedangkan yang betina bulu utama coklat; kulit muka biru; bagian bawah bersisik putih. Unggas ini mengkonsumsi dedaunan, biji-bijian dan serangga. Tersebar luas di Semenanjung Thailand, Semenanjung Malaya hingga pulau Sumatera dengan hutan primer dataran rendah yang tak terganggu. Burung ini jarang ditemukan pada ketinggian 1000 mdpl. Perbedaan antara Sempidan biru di Sumatera (Lophura ignita rufa) dan di Kalimantan (Lophura ignita nobilis) terletak pada ekor, kalau di Sumatera bagian ekornya berwarna putih dan hitam, sedangkan yang di Kalimantan bagian ekornya berwarna kuning dan hitam.

Sumber : Ifham Fuadi Rambe - PEH Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini