Pengembangan Kawasan Geopark Ujung Kulon di Pandeglang

Kamis, 21 Maret 2019

Carita, 21 Maret 2019. Dalam rangka pengembangan Geopark Ujung Kulon, Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang bersama-sama stakeholder terkait, termasuk didalamnya Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mengadakan diskusi untuk membentuk Badan Pengelola Geopark Ujung Kulon di Hotel Wira Carita, Pandeglang.

Geopark merupakan kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi yang unik/khas di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya. Istilah Geopark merupakan singkatan dari “ Geological Park ” yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai taman geologi atau taman bumi.

Kawasan Geopark Ujung Kulon yang digagas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang meliputi 8 wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Sumur, Cimanggu, Panimbang, Cigeulis, Sukaresmi, Pagelaran, Labuan, dan Carita, termasuk didalamnya adalah kawasan TN. Ujung Kulon.

Selain kriteria keanekaragaman hayati, TN. Ujung Kulon masuk sebagai wilayah pengembangan Geopark Ujung Kulon karena memiliki keunikan geologis. Pulau Panaitan, yang masuk dalam kawasan TN. Ujung Kulon, sekitar 20 juta tahun yang lalu merupakan gunung api purba. Saat ini di Pulau Panaitan tepatnya di puncak Gunung Raksa juga terdapat peninggalan arkeologi berupa patung Ganesha. Di Cibunar terdapat sandstone, batuan yang terbentuk dari pasir pantai yang mengeras, yang merupakan fenomena geologi yang langka. Serta keberadaan bukti-bukti sejarah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 di Tanjung Layar dsk.

Badan Pengelola Geopark Ujung Kulon terdiri dari beberapa institusi pemerintah, swasta dan NGO. Turut serta mendampingi dalam proses pengembangan Geopark Ujung Kulon adalah Kementerian Pariwisata, Kementerian ESDM dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia. Dengan pembentukan Badan Pengelola Geopark Ujung Kulon ini diharapkan dapat mempercepat proses pengajuan penetapan Geopark Ujung Kulon sebagai Kawasan Geopark Nasional.

Sumber : Balai Taman Nasional Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini