Petugas Evakuasi Monyet Ekor Panjang di Medan Petisah

Selasa, 17 Oktober 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Medan, 16 Oktober 2023. Pada Jum'at, 13 Oktober 2023, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui  Resort Pelabuhan Belawan menerima laporan dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan tentang adanya Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) yang meresahkan di kediaman salah seorang warga, Juria, di Jalan Sei Serapuh, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. 

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas Resort Pelabuhan Belawan bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Scorpion Indonesia menyambangi lokasi. Berdasarkan keterangan yang dikumpulkan, Monyet Ekor Panjang berkelamin jantan dan masih anakan ini, sudah berada di kediaman Juriah kurang lebih 1 bulan. Kemungkinan monyet tersebut peliharan yang terlepas. Tim kemudian memasang kandang jebak. Tidak membutuhkan waktu lama, monyet masuk ke dalam kandang jebak. Kemudian petugas mengevakuasi dan menitipkannya di Yayasan Scorpion Indonesia, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan serta rehabilitasi sebelum dilepasliarkan di habitat aslinya. Petugas juga menghimbau kepada warga untuk tidak memelihara satwa liar jenis monyet, karena suatu saat nanti akan mengganggu dan menimbulkan masalah.

Sumber : Joni Agustinus Pasaribu, SP. (Polhut Muda) dan Fuad Khalil Harahap, S.Hut. (Polhut Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini