Tingkatkan Perekonomian Warga, Balai TN Sebangau Bangun Rumah Hidroponik Untuk Kelompok Bawi Batuah Barajaki

Rabu, 15 September 2021

Palangka Raya, 15 September 2021 - Balai Taman Nasional (TN) Sebangau melalui Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Palangka Raya menyerahkan bantuan ekonomi masyarakat berupa rumah hidroponik kepada kelompok masyarakat Bawi Batuah Barajaki. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan hidroponik yang telah diberikan pihak Balai TN Sebangau kepada Kelompok Bawi Batuah Barajaki pada Bulan April 2021.

Penyaluran bantuan ekonomi masyarakat dilaksanakan di Kantor Resort Habaring Hurung dan diserahkan langsung kepada Kelompok Bawi Batuah Barajaki oleh Lisna Yulianti selaku Kepala SPTN Wilayah I Palangka Raya didampingi oleh Kepala Resort Habaring Hurung Yussaufin, staf resort dan disaksikan oleh Lurah Habaring Hurung Nur Husaini S.E, dan Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Binti Susmono, S.E. (14/9/2021)

Kelompok Bawi Batuah Barajaki merupakan kelompok binaan Balai TN Sebangau di Kelurahan Habaring Hurung dengan jumlah anggota sebanyak 20 orang wanita. Habaring Hurung merupakan desa penyangga yang berbatasan langsung dengan kawasan TN Sebangau yang masyarakatnya memiliki interaksi yang tinggi dengan kawasan TN Sebangau.

Rumah Hidroponik mengadopsi sistem NFT (Nutrient Film Technique) yaitu budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen. Rumah Hidroponik dibangun dengan menggunakan bahan material rangka baja ringan, berukuran 5 m x 4 m, terdiri dari 18 talang air sebagai gully (tempat menanam) dengan total lubang tanam berjumlah 360 lubang, sehingga wadah tanamannya tidak menggunakan netpot. Penggunaan bahan talang air memudahkan proses pembersihan dibandingkan menggunakan bahan paralon. Tandon air yang digunakan untuk menyimpan nutrisi air memiliki kapasitas 350 liter.

Dengan sistem hidroponik ini, tanaman relatif lebih cepat tumbuh dan berkembang karena unsur hara dalam larutan dapat secara optimal dimanfaatkan sepenuhnya oleh tanaman. Harapannya dengan menggunakan sistem hidroponik dapat memperoleh hasil dan keuntungan lebih besar karena dalam satu waktu bisa panen hasil berulang kali.

“Kami sangat senang mendapatkan bantuan rumah hidroponik NFT dari pihak Balai TN Sebangau. Sebelumnya kami menggunakan hidroponik sistem rakit apung karena jika ingin membuat hidroponik dengan menggunakan listrik (NFT) tentunya biaya yang diperlukan untuk pembuatannya cukup besar. Dengan bantuan rumah hidroponik ini kami berharap hasil panen kami mengalami peningkatan dibanding sebelumnya dan dapat meningkatkan peran wanita dalam membantu perekonomian keluarga. Sesuai dengan nama kelompok kami ‘Bawi Batuah Barajaki’ yang memiliki arti wanita yang membawa rejeki” ungkap Rusali yang merupakan Ketua Kelompok Bawi Batuah Barajaki.

 

 

Sumber : Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini