Riak-Riak Kecil Konservasi Satwa Liar BBKSDA Jabar

Rabu, 19 Juli 2017

Bandung, 20 Juli 2017. Lagi lagi BBKSDA Jawa Barat melalui Tim Gugus Evakuasi dan Penyelamatan TSL Seksi Konservasi Wilayah III Bandung menerima penyerahan seekor kukang (Nycticebus caucang) berjenis kelamin betina dalam keadaan sehat pada tanggal 17 Juli 2017 sekitar 13.30 wib. Satwa berumur 2 tahun tersebut diserahkan oleh Ari Mulyono seorang warga Ds. Marga Asih, Kabupaten Bandung, saat ini berada di Kantor Bidang KSDA Wilayah II Soreang sebelum direhabilitasi di Lembaga Konservasi.

Sehari setelah penyerahan kukang, pada hari selasa tanggal 18 Juli 20117 BBKSDA Jabar menerima satwa liar dengan jenis Elang Brontok (Nisaetus cirrhetus) dalam kondisi yang tidak terlalu baik. Yuli Rahmawati seorang ibu rumah tangga dari Desa Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang mewakili suaminya menyerahkan satwa tersebut kepada Tim Gugus Seksi Konservasi Wilayah IV Purwakarta, sambil menunggu evakuasi  ke Pusat Konservasi Elang Kamojang di Garut, satwa tersebut di rawat di pondok kerja Resort CA. Burangrang.

elang warga

Penyerahan secara sukarela ini menunjukkan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap kelestarian satwa di habitat alamnya, sekaligus mencerminkan bahwa aktivitas kegiatan konservasi baik secara preventif – persuasif sejauh ini sangat efektif dalam mengedukasi masyarakat.

Disaat bersamaan upaya konservasi yang dilakukan oleh petugas Resort Konservasi Wilayah II TWA. Pulau Sangiang, Seksi Konservasi Wilayah I Serang, Bidang KSDA Wilayah I Bogor, membuahkan hasil yang menyenangkan, sedikitnya 85 butir telur penyu ditemukan dari pendaratan Penyu sisik yang bertelur  di blok Batu Raden pada tanggal 18 Juli 2017. Untuk menghindari pencuriaan telur penyu, petugas melakukan pemindahan ke sarang semi alami yang berada di blok Tembuyung TWA. Pulau Sangiang.

penyu lagi

Sumber Info : Balai Besar KSDA Jawa Barat

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini