Menuju Sentra Tanaman Jernang, BBKSDA Riau Kembali Latih Masyarakat Desa Sekitar SM Bukit Rimbang Bukit Baling

Sabtu, 07 Agustus 2021

Pekanbaru, 7 Agustus 2021 - Balai Besar KSDA Riau baru saja menggelar kembali peningkatan kapasitas masyarakat dalam budidaya Jernang dan Agroforestri pada tanggal 3-4 Agustus 2021.

Kepala Bidang KSDA Wilayah I, bapak Andri Hansen Siregar memimpin langsung kegiatan yang dilakukan di tiga Desa sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Bukit Baling. Ketiga desa kali ini  yaitu Desa Tanjung Belit, Desa Tanjung Beringin dan Desa Gajah Bertalut, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar.

Lagi – lagi Balai Besar KSDA Riau menghadirkan dua narasumber sebelumnya bapak Ahmad Syaifuddin Putra (Staf Ahli Pengembangan Usaha Instansi Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia-Badan Advokasi Indonesia (LPK RI-BAI) Prov. Riau  yang menerangkan tentang budidaya jernang dan Takroni, S.Pd (Ketua KTH Mandiri Gunung Jati) yang menjelaskan tentang sistem agroforestri khususnya tanaman Lada.

Kegiatan diawali dengan peninjauan kebun jernang masyarakat yang ada di ketiga desa tersebut. Narasumber sangat senang melihat pertumbuhan Jernang di ketiga desa tersebut dan optimis jika dilakukan lebih intensif lagi oleh semua pihak, desa di sekitar Sungai Subayang (kec.Kampar Kiri Hulu) dapat menjadi sentra tanaman Jernang di Provinsi Riau. Narasumber juga memberikan tips perawatan dan pemeliharaan tanaman Jernang.

Narasumber agroforestri menekankan bahwa agroforestri dapat memberikan keuntungan secara ekonomi dalam jangka waktu pendek (lebih cepat) dan dapat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari khususnya untuk ibu rumah tangga dengan menanam lada yang memiliki potensi keuntungan ekonomi tinggi.

Balai Besar KSDA Riau mengharapkan koordinasi semua pihak termasuk dukungan pemerintahan desa untuk suksesnya program penanaman jernang dan agroforestry sehingga masyarakat desa menjadi lebih sejahtera dan hutanpun terjaga.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini