Musim Kemarau Makin Menjadi, Balai TN. Tesso Nilo Tingkatkan Patroli & Sosialisasi Cegah Karhutla

Sabtu, 07 Agustus 2021

Baserah, 7 Agustus 2021 - Tim pencegahan kebakaran hutan dan lahan Balai Taman Nasional (TNTN) bersama dengan tim pencegahan kebakaran Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah giat patroli pencegahan kebakaran kawasan di wilayah  II Baserah Resort Onangan Nilo pada tanggal 5-6 Agustus 2021. Tim gabungan ini dikomandoi langsung oleh Dansat Polhut Balai TN. Tesso Nilo, bapak Asari, S.Hut.

Tim melakukan patroli di wilayah yang berpotensi terjadinya kebakaran lahan salah satunya di Resort Onangan Nilo SPTN Wilayah II Baserah. Selama patroli dan melakukan penyisiran tim tidak menemukan adanya hotspot di kawasan TN Tesso Nilo.

Selain melakukan penyisiran, tim juga melakukan pengrusakan terhadap beberapa jembatan yang diduga menjadi akses masuk menuju hutan alam. Jembatan dihancurkan menggunakan mesin pemotong kayu dengan tujuan memutus akses masuk pihak yang tidak bertanggungjawab serta meminimalisir tindak pidana hutan.

Usai penyisiran, tim juga melakukan sosialisasi dan penggalangan kepada tokoh masyarakat yang berada di dalam kawasan untuk bersama sama menjaga kawasan TN Tesso Nilo khususnya hutan alam. Tim juga menghimbau tokoh masyarakat untuk turut serta menjadi agen yang mengkampanyekan larangan membakar hutan kepada masyarakat sekitar.

Terakhir tim juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama- sama  lebih peduli dan menjaga hutan alam TN Tesso Nilo agar senantiasa lestari demi masa depan kita dan anak cucu kelak.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini