Jagawana Balai TN Komodo Sigap Padamkan Kebarakan di Laju Pemali Pulau Komodo

Minggu, 08 Agustus 2021

Petugas Balai Taman Nasional Komodo Berusaha Memadamkan Api di Laju Pemali

Labuan Bajo, 8 Agustus 2021. Kebakaran savana telah terjadi di Laju Pemali Bagian Selatan Resort Loh Wenci - Sape Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Balai Taman Nasional Komodo pada tanggal 7 Agustus 2021. Informasi mengenai kebakaran padang savana di Laju Pemali pertama kali diperoleh dari warga Labuan Bajo yang baru saja kembali dari Kecamatan Sape Kabupaten Bima pada pukul 13:00 WITA di hari yang sama. Warga melihat adanya kepulan asap dan segera melaporkannya ke Balai Taman Nasional Komodo untuk ditindaklanjuti.

Petugas Resort Loh Wenci – Sape SPTN Wilayah II Balai Taman Nasional Komodo langsung bergerak menuju Laju Pemali dan memanggil bantuan jagawana lain dari Labuan Bajo untuk segera merapat ke tempat kejadian perkara. Tim bantuan berjumlah 18 orang tiba di lokasi pada pukul 16:00 WITA dan dipimpin langsung oleh Kepala SPTN Wilayah II , Gatot Kuncoro Edi.  Setidaknya terdapat 3 titik lokasi kebakaran di tempat kejadian perkara.

Kepala SPTN Wilayah II Balai Taman Nasional Komodo membagi tim pemadaman menjadi 2 regu untuk mencapai ketiga titik api tersebut. Regu pertama bertugas memadamkan api di bagian utara, sedangkan regu kedua bertanggung jawab memadamkan api di bagian tengah dan selatan Laju Pemali.

Tim terus memadamkan api hingga pukul 00:05 WITA tanggal 8 Agustus 2021. Wilayah Laju Pemali bagian selatan dan utara telah berhasil dipadamkan, sementara api di bagian tengah masih menyala. Regu pemadam kebakaran tambahan berikutnya tiba di Laju Pemali pada pukul 01:00 WITA dan bergegas memadamkan api di bagian tengah Laju Pemali. Regu tambahan ini terdiri dari 20 personil jagawana Balai Taman Nasional Komodo beserta 35 personil gabungan dari Kepolisian Resort Manggarai Barat, Pangkalan Angkatan Laut Labuan Bajo, Komando Distrik Militer 1612 Manggarai, Pos Polairud Labuan Bajo, dan Pos Penegakan Hukum LHK.

Kebakaran di Laju Pemali berhasil dipadam seluruhnya pada tanggal 8 Agustus 2021 pukul 05:00 WITA. Seluruh regu kemudian menyisir tempat kejadian perkara hingga pukul 07:00 WITA dan bersiap diri di lokasi kejadian untuk memastikan situasi dan kondisi pasca kebakaran savana.

Petugas Balai Taman Nasional Komodo masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab utama kebakaran savana di Laju Pemali. Peristiwa ini diduga kuat disebabkan oleh faktor alam karena kondisi cuaca di tempat kejadian perkara sangat panas dan gersang. Diperkirakan luar area savana yang terbakar mencapai 10 Ha dan tidak ditemukan adanya biawak komodo (Varanus komodoensis) yang terluka akibat terjadinya peristiwa ini.

Kondisi Laju Pemali Pulau Komodo Pasca Kebakaran Savana

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penulis: Rawuh Pradana, S.H. | Penyunting: Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini