Bimbingan Teknis Daya Dukung Daya Tampung P3E di TN. Aketajawe Lolobata

Rabu, 19 Juli 2017

Sofifi, 19 Juli 2017. Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Ekoregion Maluku telah melaksanakan kegiatan Diseminasi dan Bimbingan Teknis D3T LH Ekoregion Maluku (Maluku Utara). Kegiatan berlangsung di Gedung Pusat Informasi Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) di Sofifi selama 2 hari pada tanggal 17 – 18 Juli 2017. Adapun Tim Diseminasi dan Bimbingan Teknis disambut oleh Kasubbag TU Balai TN Aketajawe Lolobata Ibu Rosna, SP.

Rangkaian kegiatan meliputi pembukaan dan arahan dari Kepala Pusat P3E Bapak Ir. Darhamsyah, M.Si, dilanjutkan dengan pemaparan hasil Indikatif Daya Dukung Daya Tampung LH Ekoregion Maluku (Maluku Utara) oleh Bapak Ir. Hendrik Koedoeboen, MM., M.Si. Kepada peserta disampaikan bahwa Penilaian D3T merupakan instrumen penting dan wajib sebagai dasar pengendalian pembangunan infrastruktur di daerah. Hasil penilaian kemudian akan dimasukkan pada Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan RPJM Pemerintah Daerah.

Sesuai dengan amanat Permen LHK hut No. 52 tahun 2016, P3E Ekoregion Maluku pada kesempatan yang sama juga melaksanakan bimbingan teknis kepada para peserta yang dilakukan oleh staf P3E Bapak Hasnan, A. Md dan dosen pendamping dari Universitas Hasanuddin Bapak Munajat Nur Saputra, S. Hut., M.Sc dengan memaparkan secara detil kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama proses penyusunan D3T Ekoregion Maluku (Maluku Utara). Kegiatan dilanjutkan dengan proses input data kuisioner Tim Ahli, perhitungan Indek Jasa Ekosistem (IJE), hingga proses pemetaan dengan menggunakan software ArcGIS.

Kegiatan diseminasi dan Bimtek D3T ini dihadiri oleh instansi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku Utara, DLH Kabupaten Halmahera Utara, DLH Kota Tidore Kepulauan,  Dishut Provinsi Maluku Utara, BPKH Wilayah VI Manado, BPDAS Akemalamo, dan Balai TN AKetajawe Lolobata.

Sumber Info : Balai TN Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini