BKSDA Sumbar Pro Aktif Tangani Konflik Satwa Beruang Madu

Jumat, 06 Agustus 2021

Agam, 5 Agustus 2021. Balai KSDA Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) melalui Resort KSDA Wilayah Agam melakukan penanganan konflik satwa beruang di Jorong Pincuran Gadang, Nagari Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Kamis (5/8/21).
 
Informasi adanya kemunculan satwa beruang ini diterima oleh Resort Agam dari masyarakat Jorong Pincuran Gadang pada hari Kamis sekira pukul 10.00 wib. Menanggapi laporan dari masyarakat tersebut, tim Resort Agam langsung menuju lokasi dan melakukan wawancara dengan saksi mata dan identifikasi lapangan untuk melihat tanda-tanda keberadaan satwa.
 
Berdasarkan hasil wawancara dengan saksi mata  Bpk. M Aziz (40 tahun) diketahui satwa terlihat pada hari Rabu (04/08/2021) sekira pukul 17.00 wib dan pukul 23.00 wib disekitaran kebun durian miliknya. 
 
Hasil identifikasi lapangan ditemukan tanda-tanda keberadaan satwa berupa cakaran satwa beruang madu pada pohon dan sisa buah durian yang dimakan oleh satwa. Satwa beruang ini diduga merupakan individu yang sama yang telah ditangani Resort Agam sebelumnya. Tercatat sudah 2 (dua) kali penanganan konfilik satwa beruang (diduga individu yang sama) dengan lokus 2 kali konflik sebelumnya yaitu di kawasan Kelok 44 sejak bulan oktober 2020 lalu.
 
Penanganan konflik yang dilakukan Resort Agam dengan melakukan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kemunculan, penghalauan/penggiringan satwa dengan menggunakan bunyi-bunyian ke arah dalam Hutan Lindung.
 
Untuk menghindari konflik satwa, kepada masyarakat yang mengetahuinya dapat melaporkan ke Resort KSDA setempat atau bisa hubungi call center BKSDA Sumbar di 081266131222.
 
Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat 
 
 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini