Bersama Para Pihak, BBKSDA Riau Mitigasi Konflik Satwa Liar Gajah Sumatera

Rabu, 19 Mei 2021

Pekanbaru, 19 Mei 2021 - Beberapa hari terakhir ini mitigasi konflik satwa liar Gajah sumatera dilakukan Tim Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) Balai Besar KSDA  Riau di Desa Lebuh Lurus, Pasar Inuman dan Desa Koto Inuman, Kec. Inuman, Kab. Kuantan Singingi.

Petugas Resort Kerumutan Selatan yang terdiri dari bapak M. Putrapper, Zulkifli, Rison dan Pebry Erlangga bersama TNI, Polri, Kasi Trantib Kec. Inuman, Kades, masyarakat Desa Koto Inuman, Pasar Inuman dan Desa Lebuh Lurus bahu membahu melakukan mitigasi pada Senin, 17 Mei 2021.

Tim melakukan koordinasi dengan  Camat  Inuman dan Kades serta diskusi untuk tindak lanjut penggiringin satwa tersebut. Tim, Camat dan Kades ketiga Desa sepakat untuk melakukan penggiringin satwa secara bersama-sama. Untuk pengamanan pelaksanaan penggiringin Camat kemudian berkoordinasi dengan TNI/Polri.

Sebelum melakukan penggiringin,Tim memberi arahan dan petunjuk tekhnis agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan dan menentukan arah penggiringin satwa Gajah liar tersebut. Dalam pelaksanaannya, Tim selalu melakukan diskusi dan evaluasi bersama tokoh masyarakat, aparat desa, aparat keamanan dan masyarakat. Semua sepakat untuk melakukan penggiringan secara bersama sama dan melarang masyarakat yang trauma terhadap satwa Gajah liar untuk tidak ikut dalam penggiringan. Sampai saat ini Tim gabungan secara bersama bahu membahu untuk penyelesaian mitigasi konflik satwa Gajah liar dan manusia.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini