Upaya BBKSDA Riau Hindari Abrasi Di Pantai Selat Baru, Kabupaten Bengkalis

Selasa, 27 April 2021

Pekanbaru, 26 April 2021 - Pada saat kunjungan kerja, Kepala Balai Besar KSDA Riau bersama Wakil Bupati Bengkalis menyempatkan ke lokasi abrasi Teluk Papal, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis (24/04/21). Lokasi berhadapan langsung dengan Selat Malaka dan merupakan garis pantai terluar Indonesia Saat ini tergerus dikikis oleh air laut dan abrasinya cukup parah.

Berdasarkan wawancara dengan masyarakat setempat, areal abrasi dahulunya merupakan kampung dan kebun. Terdapat juga lapangan bola tempat bermain anak anak yang kini telah sirna dipenuhi air laut. Bahkan jarak abrasi sudah mencapai kurang lebih 1 km dari garis pantai saat ini, dimana abrasi tahunan mencapai 3-10 meter.

Upaya yang telah dilakukan saat ini dengan membangun break water/pemecah gelombang, tetapi pembangunan masih terbatas sehingga belum dapat melindungi tepian pantai secara maksimal. Pembangunan break water ternyata juga berdampak positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan vegetasi bakau yang berada di belakangnya. Usulan yang dilakukan adalah pembangunan break water dan penanaman vegetasi bakau di daerah belakang break water.

Sebagai informasi, abrasi adalah pengikisan di daerah pantai akibat gelombang dan arus laut yang sifatnya destruktif atau merusak. Apabila dibiarkan abrasi akan terus mengikis bagian pantai dan air laut bisa membanjiri daerah di sekitar pantai tersebut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini