Dari Kartini Untuk Bumi : Berbagi Takjil Konservasi

Sabtu, 24 April 2021

Palembang, 23 April 2021 – Ramadhan di bulan April tahun ini sangat spesial karena bertepatan dengan peringatan Hari Kartini (21 April) dan Hari Bumi (22 April). Dalam membagi momen tersebut, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) melaksanakan kegiatan berbagi takjil pada Jumat (23/4/21). Konsep kegiatan  adalah menyelaraskan peringatan Hari Kartini, Hari Bumi, dan agenda Road to Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) edisi bulan April 2021. Untuk itu pada kegiatan Road to HKAN bulan April 2021 yang bertema “Takjil Konservasi, Dari Kartini Untuk Bumi” ini, pelaksana kegiatan didominasi oleh kaum perempuan, yaitu rimbawati BKSDA Sumsel dan mahasiswi serta pelajar pecinta alam di pusat kota Palembang, yaitu di Fly-over Simpang Polda yang mendapat dukungan dan kerjasama dari Polantas Polrestabes Kota Palembang. Maksud kegiatan adalah untuk mengajak masyarakat agar semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan dan satwa liar di alam ini.

Sebelumnya, pada edisi Road to HKAN bulan Maret 2021 telah dilaksanakan aksi penanaman pohon di TWA Punti Kayu dan penyuluhan pengelolaan sampah rumah tangga di salah satu pemukiman warga di kota Palembang, dan dilaksanakan oleh pegawai BKSDA Sumsel dan Dharma Wanita Persatuan BKSDA Sumsel.

Aksi simpatik kampanye lingkungan dan himbauan untuk melestarikan satwa liar dilakukan dengan membagi takjil kepada pengguna jalan sekaligus menyampaikan pesan-pesan melalui sejumlah poster dengan kata-kata ajakan, diantaranya adalah “Stop Perdagangan Satwa Ilegal”, “Satwa Liar Dijago Lurr Jangan Diburu Apolagi Dijual!”, “Stop Jual Beli Satwa Liar!”, “Mencintai Tidak Harus Memiliki Biarkan Mereka Bebas Di Alam”, dan “Haruskah Menunggu Jadi Legenda”.

Paket takjil selain berisi makanan, juga berisi poster tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi di Wilayah Kerja BKSDA Sumsel, poster Hewan Dilindungi yang Masih Diperdagangkan Secara Ilegal, brosur terkait Ayat-ayat Konservasi, serta merchandise ramah lingkungan yang menarik. Takjil yang dibagikan adalah sejumlah 150 paket.

Setelah kegiatan pembagian takjil melalui aksi kampanye “turun ke jalan” ini selesai, kemudian dilanjutkan dengan siraman rohani oleh ustadz Bitoh Purnomo di kantor BKSDA Sumsel. Siraman rohani ini membahas topik mengenai “Ayat-ayat Konservasi”.

Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan. Salam sehat! Salam konservasi!

Berbagi takjil untuk sesama...Yuk, lestarikan satwa liar sama-sama

Sumber : Balai KSDA Sumatera Selatan 

Penanggungjawab Berita : Kepala Balai KSDA Sumatera Selatan Ujang Wisnu Barata - 0852 0780 4307

Narahubung : Selly Novrianti, S.IP - 0821 7538 3636

Call Center BKSDA Sumatera Selatan - 0812 7141 2141

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini