Penanganan Konflik Beruang Madu di Kecamatan Pangkalan Kasai, Kabupaten Indragiri Hulu

Minggu, 18 April 2021

Pekanbaru, 16 April 2021 - Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) Balai Besar KSDA Riau bersama masyarakat Peduli Satwa Liar Kec. Pangkalan Kasai yang merupakan Alumni UIR dan tokoh Pemuda Kelurahan Pangkalan Kasai melakukan kegiatan mitigasi konflik satwa liar yang dilindungi, Beruang madu (Helarctos malayanus) pada Jumat, 09 April 2021. Kronologis berawal dari laporan warga Peduli Satwa Liar Kec. Pangkalan Kasai (Sdr. Jamel) kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Pangkalan Kerinci, pada hari Kamis tanggal 08 April 2021.

Tim menjumpai Sdr.Jamel dan tokoh pemuda Kelurahan Pangkalan Kasai terkait serangan satwa liar berupa Beruang terhadap warga Kungkil, Kelurahan Pangkalan Kasai, Kec. Pangkalan Kasai, Kab. Indragiri Hulu. Diperoleh keterangan bahwa satu minggu yang lalu juga ada kambing warganya yang dimangsa oleh satwa liar. Setelah mendengar keterangan tersebut, disepakati untuk melakukan pengecekan dan penyisiran secara bersama ke lokasi kejadian.

Tim juga menemukan jejak cakaran satwa Beruang di pohon kayu pada lokasi yang merupakan perkebunan sawit dan hutan belukar yang berjarak + 2 km dari pemukiman penduduk. Informasi dari tokoh pemuda (Sdr. Udin) bahwa 5 (lima) hari sebelumnya ada Beruang terjerat di lokasi tersebut, yang kemudian terlepas. Tim secara bersama melakukan penyisiran Beruang yang terjerat, tetapi tidak ditemukan tanda – tanda keberadaannya. Menurut keterangan masyarakat, jumlah satwa Beruang yang pernah dijumpai dan mengejar warga di sekitar lokasi perkebunan sawit tersebut sebanyak empat individu.

Kemudian Tim melakukan pengecekan kebun kelapa yang dirusak dan dimakan oleh satwa Beruang. Jumlah pohon kelapa yang dirusak dan dimakan oleh satwa Beruang sebanyak dua batang.

Setelah melakukan pengecekan dan penyisiran lokasi, Tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak memburu dan anarkis terhadap satwa liar yang dilindungi termasuk satwa Beruang. Tim menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan tidak sendirian jika melakukan aktivitas di kebun. Untuk selanjutnya, Tim bekerjasama dengan masyarakat akan melakukan pemantauan dan upaya penanganan lebih lanjut sampai kondisi masyarakat Kungkil, Kelurahan Pangkalan Kasai kembali aman untuk beraktivitas di kebunnya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini