Sadar dan Peduli Satwa Liar Dilindungi, Masyarakat Serahkan Penyu Untuk Dilepasliarkan

Rabu, 14 April 2021

Benteng, 13 April 2021. Masyarakat menyerahkan temuan satwa berupa penyu kepada petugas Resort Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate. Dalam kurun waktu sepekan terakhir, petugas Balai TN Taka Bonerate yang tersebar di setiap Resort dalam kawasan menerima 3 laporan dan penyerahan penyu dari masyarakat.

Pada tanggal 29/3/2021, ditemukan 1 (satu) ekor Penyu Sisik di Taka Rajuni oleh nelayan yang berasal dari Pulau Jinato, bernama Pak Sare. Penyu ini secara tidak sengaja terkena limbah jaring nelayan. Pak Sare melepaskan penyu tersebut dari jaring dan membawanya ke Pulau Jinato untuk kemudian diserahkan ke petugas Resort Lantigiang. Setelah dilakukan cek fisik oleh petugas, kondisi kesehatan penyu dinyatakan sehat sehingga petugas langsung melepasliarkan penyu tersebut ke habitatnya.

Tanggal 2/4/2021, juga ditemukan seekor Penyu Sisik oleh seorang anak bernama Alwan dari Pulau Tarupa. Penyu tersebut ditemukan di sebelah timur Pulau Tarupa yang tersangkut limbah jaring nelayan. Setelah dilakukan cek fisik oleh petugas Resort Tarupa, kondisi kesehatan penyu dinyatakan sehat sehingga petugas bersama alwan serta perwakilan dari Polri langsung melepasliarkan penyu tersebut ke laut pada sore hari.

Tanggal 2/4/2021, kembali warga Desa Jinato bernama Puang Ettang melaporkan dan menyerahkan seekor Penyu Sisik yang terjerat limbah jaring di Perairan Pulau Lantigiang. Namun karena kondisi penyu lemah dan cuaca yang kurang bersahabat, maka diputuskan untuk dilakukan pemulihan di bak penampungan sementara.

Dari beberapa peristiwa di atas menunjukkan bahwa, kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap satwa khususnya satwa yang dilindungi sudah semakin baik. Semoga dapat menjadi contoh bagi generasi muda dan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan agar lebih mencintai penyu dan satwa lainnya.

 

Sumber: Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini