Pelepasliaran Orangutan Kembali Dilakukan Oleh BKSDA Kaltim

Rabu, 12 Juli 2017

Samarinda, 12 Juli 2017. Pelepasliaran (release) Orangutan kembali dilakukan pada Selasa tanggal 11 Juli 2017. Kegiatan tersebut dapat terlaksana berkat kerjasama Balai KSDA Kalimantan Timur dengan yayasan BOSF Samboja. Lokasi yang dipilih untuk melepasliarkan Orangutan tersebut adalah Hutan Kehje Sewen yang merupakan IUPHHK-RE PT.Rehabilitasi Habitat Orangutan Indonesia (RHOI) yang tereletak di Kec. Muara Wahau Kab. Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur. 

Secara simbolis Orangutan dilepasliarkan langsung oleh Bapak Ir. Sunandar Trigunajasa N, Kepala Balai KSDA Kalimantan Timur. Kegiatan pelepasliaran ini merupakan yang ketiga di tahun 2017 dengan jumlah individu Orangutan yang telah dilepasliarkan sebanyak 13 individu Orangutan.

Kegiatan Pelepasliaran di Hutan Kehje Sewen telah dimulai sejak tahun 2012, selama kurun waktu 2012-2017 Balai KSDA Kalimantan Timur dan Yayasan BOSF Samboja  telah melakukan pelepasliaran sebanyak 75 Individu Orangutan yang terdiri dari 46 Betina dan 39 Jantan, 3 individu diantaranya dilepasliarkan di Kalimantan Tengah karena berdasarkan hasil pemeriksaan DNA merupakan Sub Spesies dari Pongo pygmaeus wurumbii.

Di lain kesempatan, Kepala Balai KSDA Kalimantan Timur telah meresmikan Pulau Orangutan yang telah dibangun oleh Yayasan BOSF Samboja seluas 4 hektar dan melepaskan Orangutan di lokasi tersebut sebanyak 5 individu Orangutan yang terdiri dari 2 Jantan 3 Betina,  Pulau Orangutan diperuntukan bagi orangutan yang siap untuk dilepasliarkan.

Orangutan merupakan salah satu satwa liar dilindungi yang masuk dalam kategori terancam punah, populasinya terus menurun karena habitat alami yang semakin berkurang. Balai KSDA Kalimantan Timur bersama dengan lembaga konservasi lainnya terus berupaya menjaga kelestarian dan meningkatkan populasi kera besar ini. Semoga Orangutan yang telah dilepasliarkan ini dapat hidup dan berkembang dengan baik di habitat barunya.

Sumber Info : Balai KSDA Kalimantan Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

astek
Semoga orangutan bisa berkembang biak di alam dan cepat beradaptasi di tempat baru