Bantuan Dari Balai Besar TN Kerinci Seblat dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Kamis, 17 September 2020

Kamis, 17 September 2020 - Dalam rangka mengurangi permasalahan kawasan TN Kerinci Seblat (TNKS) di Kabupaten Pesisir Selatan, Balai Besar TNKS terus berupaya mendorong peran serta masyarakat sekitar kawasan hutan TNKS dalam pengelolaan kawasan konservasi diantaranya melalui kerjasama antara Balai Besar TNKS dengan kelompok masyarakat. Baik dalam bentuk melibatkan masyarakat dalam sebagai Masyarakat Mitra Polhut, dan Masyarakat Peduli Api. Dalam hal meningkatkan ekonomi masyarakat, pada tahun anggaran 2020 ini Balai Besar TNKS memberikan bantuan modal usaha.

Pemberian bantuan modal usaha oleh Balai Besar TNKS, dalam wilayah kerja BPTN II Sumatera Barat pada SPTN III Painan tahun anggaran 2020 ini diberikan kepada 3 (tiga) kelompok masyarakat, yaitu :

  1. Kelompok Batu Ronjong Nagari Limau Gadang Lumpo Kec. IV Jurai untuk pengembangan usaha peternakan Kambing,
  2. Kelompok Pincuran Tujuh Nagari Taluk Tigo Sakato Kec. Batang Kapas untuk pengembangan usaha pengemukan sapi,
  3. Kelompok Sadar Wisata Nagari Sungai Gambir Sako Kec. Ranah IV Hulu Tapan untuk mengembangakan usaha sewa pelatan out door wisata alam.

Pemberian bantun ini dilakukan secara simbolis di Nagari Taluk Tigo Sakato pada hari Kamis, 17 September 2020. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Anggota DPR RI (Hj. Lisda Hendra Joni), Anggota DPRD Propinsi Sumatera Barat (H. Bakri Bakar) dari Partai Nasdem dan Bupati Pesisir Selatan (H. Hendrajoni, SH, M.Hum) serta Satuan Perangkat Kerja Daerah Pesisir Selatan terkait.

Kepala Balai Besar TNKS (Tamen Sitorus) melalui Kepala BPTN Wilayah II Sumbar (Ahmad Darwis) dalam sambutannya saat penyerahan modal usaha mengatakan” Pemberian bantuan modal usaha ini merupakan wujud komitmen dari Balai Besar TNKS dalam meningkatkan usaha masyarakat sekitar kawasan TNKS, sedangkan untuk mendukung keberhasilan program tersebut masing masing desa/ Nagari akan didampingi oleh petugas yang berfungsi sebagai fasilitator di desa tersebut”.

Sementara Bupati Pesisir Selatan menyampaikan” Pemda Pesisir Selatan mengucapkan terima kasih kepada pihak BBTNKS, dan berharap upaya-upaya kemitraan ini terus dilakukan dan kami juga akan terus mendukung kelestarian kawasan TNKS”

 

Sumber :
- Humas Balai Besar TN Kerinci Seblat
- Rika Putra Abbas (Polhut SPTN Wilayah III Painan)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini