SPTN Wilayah II Jinato Lakukan Pengenalan Scuba dan Metode Transplantasi Karang Ke KPK Jinato

Jumat, 28 Agustus 2020

Jum'at, 28 Agustus 2020 - Hari ini (28/08) personil SPTN Wil.2 Jinato sedang melakukan giat pengenalan Selam Scuba kepada anggota Komunitas Peduli Konservasi (KPK) Jinato. Bertempat di halaman kantor SPTN Wilayah II desa Jinato Kec. Taka Bonerate. Hadir dalam giat ini anggota KPK Jinato berjumlah kurang lebih 20 orang dengan harapan giat ini bisa memperkenalkan penyelaman sehat dan benar kepada generasi muda Jinato. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

 

"Giat ini adalah spontanitas dari kami dan Komunitas dengan tujuan memperkenalkan penyelaman sehat dan metode Pemulihan Ekosistem dengan rangka laba-laba MARRS," Jelas Aisyah Amnur Ka SPTN Wil.2 Jinato TN Taka Bonerate. Dalam giat pengenalan scuba ini diturunkan 2 pengajar dari SPTN Wil.2 Sunadi Buki (PEH) dan Ansar (P3K) yang dibantu juga oleh Guide dari kelompok Model Desa Konservasi "Jinato Marennu" Amri yang sudah bersertifikat rescue.

"Kali ini hanya pengenal alat Scuba, fungsi tiap alat, pemasang tabung selam dan pemasang rangka dengan pelatihan kering dulu," jelas Sunadi Buki. Selain itu dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemasangan rangka transplantasi karang sebanyak 500 rangka di zona rehabilitasi di desa Jinato.

 

Sekedar informasi bahwa adobsi Metode rangka laba-laba MARRS telah dilakukan sejak tahun 2017 di Taman Nasional Taka Bonerate dan khusus di zona rehabilitasi pulau Jinato sudah diinstal sekitar 800an rangka transplantasi karang dengan persentase tumbuh yang sangat baik. Semoga dengan giat ini masyarakat makin semangat dalam menjaga dan ikut terlibat aktif dalam giat pengelolaan taman nasional taka bonerate di tingkat tapak.

 

Sumber: Balai TN Taka Bonerate 

Teks : Asri - PEH

Foto : Syamsuriani - Penyuluh SPTN Wilayah II Jinato

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini