Melestarikan Hutan Meru Betiri melalui Pelepasan Bibit Ikan Air Tawar

Jumat, 28 Agustus 2020

Jember, 28 Agustus 2020. Kawasan TN Meru Betiri dengan 10 desa penyangga merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dan memiliki hubungan yang erat, agar interaksi antara masyarakat dan kawasan TN Meru Betiri  dapat berjalan secara positif maka  bertampat di salah satu desa penyangga yaitu  Blok Tangkinol  Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Resort Baban SPTN III Kalibaru melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pemberian bantuan dan pelepasan bibit ikan air tawar (restocking)  bersama kelompok Desa Binaan Baban Lestari.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis, tanggal (27/08) yang dihadiri oleh unsur Aparat Desa diwakili Kepala Dusun Baban Timur Desa Mulyorejo, Karang Taruna Desa Mulyorejo dan Tokoh Masyarakat setempat.

Bibit ikan yang dilepas berupa jenis ikan lele sebanyak 1000 ekor bibit lele, pelepasan ikan lele ini dilaksanakan di Sungai Kalisanen yang merupakan Batas Alam Kawasan TN Meru Betiri dengan kawasan perum Perhutani dan Perkebunan PTPN XII. Adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar untuk lebih berperan aktif dalam menjaga kelestarian Kawasan Meru Betiri, khususnya wilayah perairan (Batas sungai) agar Fungsi Kawasan Merbeti sebagai Kawasan konservasi tetap terjaga dan dapat berdayaguna serta memberikan dampak yang positif kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Kawasan Taman Nasional Meru Betiri khususnya bagi masyarakat desa penyangga.

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini