Aksi Bersih Sampah TWA Pelaihari Pantai Batakan

Rabu, 19 Agustus 2020

Pelaihari, 14 Agustus 2020 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan melakukan aksi bersih sampah di kawasan konservasi tepatnya di Taman Wisata Alam Pelaihari Pantai Batakan Kabupaten Tanah Laut wilayah kerja SKW I Pelaihari. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian puncak kegiatan HKAN 2020 yang selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Agustus dengan melakukan aksi bersih sampah di seluruh kawasan konservasi di Indonesia, dimana kegiatan bersih sampah serentak pada tanggal 10 Agustus 2020 yang lalu untuk BKSDA Kalsel dilaksanakan di TWA Pulau Bakut SKW II Banjarbaru.

Kepala BKSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. yang didampingi Kepala Seksi I Mirta Sari, S.Hut., M.P dan Kepala Resort Alfredo De Araujo menyatakan bahwa peringatan HKAN 2020 mengusung tema “Nagara Rimba Nusa-Merawat Peradaban Menjaga Alam” memiliki makna bahwa semangat konservasi alam era peradaban maju menjadi tanggung jawab semua pihak. Lebih lanjut Dr. Mahrus menyampaikan bahwa peringatan HKAN 2020 dilaksanakan dalam suasana keprihatinan karena adanya pandemi Covid-19 sehingga jumlah peserta yang dilibatkan dibatasi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Aksi bersih sampah di TWA Pelaihari Pantai Batakan melibatkan peserta yang terdiri dari unsur BKSDA Kalsel, Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Tanah Laut, Perwakilan Kecamatan Panyipatan, unsur Koramil Panyipatan dan Batakan, Polsek Panyipatan, Kepala Desa Batakan, kelompok Relawan Rumah GERBACA TWA Pelaihari serta kelompok mitra konservasi Maju Bersama dan Tani Lestari. Kegiatan ini berhasil mengumpulkan ± 500 kilogram.

Balai KSDA Kalsel tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran wabah COVID-19. Sebagai bentuk pelaksanaan protokol kesehatan dalam kegiatan aksi bersih sampah, SKW I Pelaihari BKSDA Kalsel membagikan 200 masker untuk peserta kegiatan aksi bersih pantai untuk mencegah penularan Covid-19. Pada akhir kegiatan Kepala BKSDA Kalsel menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta undangan yang hadir dan berharap agar aksi bersih sampah di TWA Pelaihari Pantai Batakan dalam rangka memperingati HKAN 2020 dapat dijadikan momentum untuk mengkampanyekan pentingnya keberadan hutan konservasi bagi kehidupan peradaban manusia dimasa mendatang.

 

Sumber: Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini