Terjerat Jaring, Nelayan Serahkan Penyu Sisik Ke Petugas Resort Jinato

Kamis, 23 Juli 2020

Jinato, Taman Nasional Taka Bonerate - Kepulauan Selayar, 23 Juli 2020. Hendra Mustajab (PEH) salah satu petugas lapangan Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Jinato Balai Taman Nasional Taka Bonerate menerima satu individu Penyu Sisik dari warga (19/07). Menurut pengakuan warga tersebut Penyu Sisik ini terjerat jaring saat melaut di Taka Salo, kemudian warga berinisiatif untuk menyerahkan ke petugas jaga resort Jinato SPTN Wilayah II Jinato.

Setelah diukur karapasnya, panjang 27 cm dan lebar 23 cm dengan luka bekas jerat jaring di kaki kanan depannya. Petugas pun mengambil tindakan untuk pemulihan, diberi makan. Karena menjadi perhatian anak-anak, Hendra Mustajab kemudian memberikan penyuluhan sebagai edukasi.

"Penyu ini dilindungi, kalau ketemu di laut atau di pantai di laporkan ke petugas atau melepaskannya," jelas Hendra Mustajab di depan anak-anak

Melihat kondisi si Penyu sudah mulai pulih, sorenya bersama Ketua MDK "Jinato Marennu" Rustam, Wakil Ketua Hamzah dan crew Pulonesiatrip Akbar bersama-sama melepaskan si Penyu kembali ke habitatnya

Semoga makin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya melindungi biota ini.

Sumber : Asri - PEH Seksi Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah II Jinato Balai Taman Nasional Taka Bonerate (Video & Teks)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini