Kepala Balai TN Kepulauan Togean Bawakan Materi di Sosialisasi Kualitas Udara

Kamis, 23 Juli 2020

Ampana, 22 Juli 2020. Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) menjadi Narasumber kegiatan sosialisasi kualitas udara yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan di aula Hotel Lawaka. Sosialisasi tersebut dihadiri beberapa Instansi terkait yaitu Kepala Dinas PKP dan Lingkungan Hidup Kabupaten Tojo Una-Una, Kepala OPD Lingkup Kabupaten Tojo Una-Una, Narasumber Dosen Universitas Tadulako, Pimpinan Perusahaan yang ada di Kabupaten Tojo Una-Una.

Acara dibuka Kepala Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Sulawesi Tengah yang dalam sambutannya mengatakan bahwa “Kualitas Lingkungan Hidup yang semakin menurun telah mengancam kelangsungan kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya sehingga perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sungguh-sungguh dan konsisten oleh semua pemangku kepentingan. Udara sebagai komponen lingkungan yang penting dalam kehidupan perlu dipelihara dan ditingkatkan kualitasnya sehingga dapat memberikan daya dukung bagi mahkluk hidup untuk hidup secara optiman.

Kepala Balai TNKT Bapak Ir Bustang memberikan materi “Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan Hidup di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Pencemaran Lingkungan adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan akibat kegiatan manusia atau proses alam. Sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai peruntukkannya. Kebanyakan Pencemaran Lingkungan di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean adalah sampai yang tidak mudah terurai dan ditemukan di pesisir pantai, laut, udara yaitu pembukaan lahan pertanian dengan cara yang tidak tepat biasanya dibakar, Karang yang kemungkinan penyakit meningkat dari 4% mejadi 89% ketika karang bersentuhan dengan sampah plaskit dan penebangan Hutan yang tidak mempertimbangkan lokasi menjadikan masalah bagi warga disektarnya.

Selanjutnya Narasumber yang kedua dari Akademisi Universitas Tadulako (UNTAD) Bpk Dr. Irwan Syaid Ms “Pencemaran udara atau polusi udara adalah suatu keadaan di mana terdapat substans ifisik, biologi, atau kimia di lapisan udara bumi (atmosfer) yang jumlahnya membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia dan mahluk hidup lainnya.

Dampak pencemaran udara terhadap manusia mengakibatkan terjadinya gangguan pernapasan bagi manusia karena oksigen tercemar oleh senyawa berbahaya, Menyebabkan terjadinya masalah pada kulit manusia, misalnya kulit kusam, keriput, flek hitam, bahkan kanker kulit, menjadi mudah stress dan emosi tak seimbang, membuat pandangan menjadi terganggu akibat asap menimbulkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, seperti asma, batuk, dan lainnya. Dampak Pencemaran Udara terhadap Lingkungan Mengakibatkan terjadinya global warming. Polusi udara merupakan salah satu penyebab terjadinya global warming dalam jangka waktu yang lama.

Menjaga kualitas udara di Sulawesi tengah khususnya di Kabupaten Tojo Una-una dengan gerakan penghijauan menanam pohon di sepanjang jalan dan ruang terbuka hijau yang ada di Kabupaten Tojo Una-una agar penyarapan karbondioksida dapat diserap tumbuhan menjadikan kualitas udara terjaga dengan baik.

Sumber: Indriyanti - Bagian Humas Balai Taman Nasional KepulauanTogean

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini