Cerita Linda dan Si Kembar dari TN Tanjung Puting

Rabu, 22 Juli 2020

Pangkalan Bun, 22 Juni 2020. Sabtu lalu (18/7/2020), setelah sekian lama diupayakan akhirnya didapatkan dokumentasi foto dan video Orangutan betina di Resort Pesalat, Seksi Pengelolan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Tanjung Harapan, Balai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang menurut kabar beranak kembar. Menurut staf TNTP dan mitra Orangutan Foundation International (OFI) di Resort tersebut, Orangutan betina yang beranak kembar itu adalah Orangutan liar. “Kami pertama kali menemukan Orangutan tersebut saat bertugas di Feeding Station Resort Pesalat pada 22 Desember 2019 yang lalu. Kami telah memberikan laporan tetapi tanpa disertai dokumentasi yang cukup baik sehingga masih sulit untuk memastikan informasi yang kami berikan”, ujar Hadeli, staf OFI Resort Pesalat pada saat ditanyai perihal Orangutan tersebut.

Pada saat bayi kembar Orangutan terlihat pertama kali,  diperkiraan berusia sekitar 1 bulan dan asumsinya kini kedua bayi tersebut berusia 7 – 8 bulan. Si kembar terlihat sehat dan tumbuh baik meskipun Linda, Sang Bunda tidak begitu diterima Orangutan lain yang datang ke Feeding Station setiap hari. Hal ini kemungkinan dikarenakan jarang sekali ditemukan Orangutan yang menggendong dua bayi sekaligus, sehingga Linda seperti terasingkan. Dengan begitu, upaya untuk memberi suplemen pakan Orangutan diberikan terpisah guna memastikan Linda dan kedua bayinya cukup mendapat pakan.

Pada saat didokumentasikan Sabtu lalu, kondisi sekitar kawasan Resort Pesalat sedang hujan sehingga sedikit banyak memberi tantangan dalam upaya pendokumentasian. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niat salah satu personil PEH TNTP untuk mendapatkan foto dan video yang cukup baik sebagai bahan pengamatan dan publikasi.

Secara terpisah Eko Susanto, Plt Kepala Balai TNTP memberikan komentar; “ Kabar tentang Orangutan yang melahirkan bayi kembar tersebut sungguh mengembirakan karena kejadian serupa ini tidak banyak yang terekam. Alam selalu beregenerasi meski dikondisi pandemi seperti saat ini. Hal ini membuktikan bahwa Taman Nasional Tanjung Puting memainkan peran penting bagi keberlangsungan hidup Orangutan”.

Terakhir kali, kabar tentang Orangutan yang melahirkan bayi kembar datang dari Batang Toru, kawasan ekosistem di Sumatera Utara yang merupakan habitat Orangutan Tapanuli yang merupakan spesies Orangutan baru pada tahun 2018 yang lalu.

Semoga kabar menggembirakan tentang Linda dan bayi kembarnya ini bisa semakin menyemangati Balai Taman Nasional Tanjung Puting dalam mengelola kawasan yang sangat kaya dan sungguh penting.

Sumber : Humas Balai Taman Nasional Tanjung Puting (Efan Ekananda BP)

Dokumentasi dan Infografis : Efan Ekananda BP.

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini