Hoax – Informasi Penutupan Jalan Karena Harimau Sumatera

Rabu, 24 Juni 2020

Pekanbaru, 23 Juni 2020. – Menindaklanjuti berita viral terkait penutupan jalan menuju Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau karena adanya Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang berkeliaran, petugas Resort Bukit Batu Balai Besar KSDA Riau langsung menuju ke lokasi untuk mengecek kebenaran berita tersebut. Selain itu, mereka langsung melakukan patroli di sekitar kawasan SM Bukit Batu, Kec. Bukit Batu, Kab.Bengkalis pada hari Minggu, 21 Juni 2020 untuk memastikan kebenaran informasi melalui pemantauan jejak atau tanda – tanda keberadaan Harimau Sumatera.

Petugas Resort Bukit Batu juga menjumpai Bapak Edi, Kepala Desa Api – Api, Kecamatan Bandar Laksmana, Kabupaten Bengkalis untuk mengecek kebenaran informasi terkait konflik satwa di desa Api – Api. Petugas meminta penjelasan terkait beredarnya berita di media sosial tentang adanya penutupan jalan karena adanya isu Harimau Sumatera yang berkeliaran di Desa Api-Api, Kec. Bandar Laksamana, Kab. Bengkalis.

Setelah di telusuri kebenarannya, ternyata berita tersebut hanyalah HOAX, atau berita tidak benar.

Petugas juga meminta kepada Kepala Desa Api-Api untuk mengingatkan warganya agar tidak menyampaikan berita yang belum diketahui kebenarannya.

Di waktu yang sama, di tempat yang lain, Tim lainnya yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Bapak Heru Sutmantoro menuju Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksmana, Kabupaten Bengkalis melakukan sosialisasi terkait Harimau Sumatera. Pada saat sosialisasi tersebut, Tim tidak mendengar kabar yang viral di media sosial dari masyarakat setempat.

Pesan terhadap kejadian ini, adalah "HATI HATI BAGI PENYEBAR BERITA HOAX YANG MERESAHKAN MASYARAKAT, DAPAT DIKENAI SANKSI"

-

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini