Kepala Balai TN Tesso Nilo Tinjau Flying Squad

Rabu, 17 Juni 2020

Lubuk Kembang Bunga, 15 Juni 2020 – Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Bapak Ir. Halasan Tulus melaksanakan kunjungan kerja ke Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga. Dalam satu hari penuh Kepala Balai TN Tesso Nilo melaksakan 3 (tiga) kegiatan berbeda.

Kegiatan pertama dalam kunjungan kerjanya, Kepala Balai TN Tesso Nilo ikut menyaksikan dan mendampingi tim Mahout dari flying squad dalam melakukan penyapihan anak gajah yang bernama "Rimbani" dari induknya "Lisa" dengan bantuan Gajah "Tesso" dan "Indro". Dari keterangan Kepala Balai TN Tesso Nilo, pemisahan atau penyapihan Rimbani dari induknya dilakukan agar anak gajah dapat mandiri dan terbiasa dengan pelatihan yang di berikan oleh mahout nantinya

Kegiatan selanjutnya adalah monitoring kantor Resort Air Hitam Bagan Limau.  Pada saat Memonitor Kondisi Kantor resort Air Hitam Bagan Limau, kondisi kantor di Resort Air Hitam Bagan Limau telah bersih dan rapi, namun terlihat ada beberapa kaca jendela kantor yang pecah akibat tindakan gajah. Setelah berkoordinasi dengan petugas Resort, kerusakan kantor yang diakibatkan oleh tindakan gajah akan segera diperbaiki.

Usai melaksankan dua kegiatan tersebut, Kepala Balai TN Tesso Nilo menyempatkan waktu untuk melakukan Koordinasi langsung di lapangan dengan Kanit intel Polsek Ukui. Koordinasi tersebut dilaksanakan Kepala Balai sekaligus untuk memantau hasil-hasil kerja pencegahan dan sosialisasi Karhutlah selama ini di TN Tesso Nilo wilayah Ukui. Dari koordinasi dan pertemuan dengan Polsek Ukui, Balai TN Tesso Nilo peroleh penguatan dukungan Kerja sama dengan Polsek mengenai gangguan hutan secara umum dan Karhutla.

“Meski kita tengah bekerja dalam kondisi pandemic covid-19, turun langsung untuk melihat kondisi dilapangan tetap sangat perlu untuk dilakukan dengan catatan sesuai dengan protokol kesehatan. Hari ini kita menyaksikan penyapihan anak gajah dari induknya, kita juga melaksanakan monitoring kepada kondisi kantor resort dan menyempatkan waktu untuk melakukan koordinasi dengan  Kanit Intel Polsek Ukui. Petugas dilapangan sudah melaksanakan tugas dengan sangat baik, harapannya akan semakin baik dan pengelolaan kawasan akan selalu jadi prioritas utama walau dalam kondisi apapun” Terang Kepala Balai.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini