TN Kepulauan Togean dan Polres Touna Giat Patroli Gabungan

Senin, 15 Juni 2020

Ampana,15 Februari 2020. Balai Taman Nasional Kepulauan Togean dan Polres Tojo Una-Una pada hari sabtu sampai dengan minggu tanggal 13 dan 14 Juni 2020 melakukan kegiatan patroli gabungan di wilayah perairan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Patroli gabungan ini dilakukan dalam rangka pengawasan kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, yang mana masih adanya aktivitas illegal fishing yang terjadi di Kawasan TNKT. Aktivitas Illegal Fishing yang terjadi diperairan Taman Nasional Kepulauan Togean cukup meresahkan bagi masyarakat dan sektor pariwisata karena masyarakat mulai merasakan bahwa mereka sudah mulai susah untuk mencari ikan dan dari sektor pariwisata ada kekhawatiran bahwa kerusakan yang terjadi akan menghancurkan pariwisata Togean yang sudah sangat terkenal di mancanegara. Pariwisata Togean mengandalkan spot diving dan snorkling yang menampilkan keindahan terumbu karang  dan biotal laut yang perlu terus dijaga kelestariannya. Oleh sebab itu perlu terus dilakukan patroli pengawasan diwilayah perairan Taman Nasional Kepulauan Togean. Pada Kegiatan patroli kali ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tojo Una-Una dan Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean. Tim melakukan penyisiran mulai dari perairan Pulau Batudaka, Pulau Togean, Pulau Talatako, Walea Kepulauan dan Walea Besar. Tim melakukan pemeriksaan terhadap perahu-perahu nelayan yang ditemui pada saat operasi namun tidak ditemukan barang-barang berbahaya yang digunakan untuk melakukan aktivitas Illegal Fishing, seperti bom, bius dan kompresor. Patroli gabungan ini pula dirangkaikan dengan pemberian Bantuan berupa sembako, pemberian Penambah Daya Tahan Tubuh, pemberian masker kepada masyarakat, Pihak Kecamatan, Pihak Rumah sakit/Puskesmas. Pemberian bantuan ini dilakukan untuk membantu masyarakat, Pihak Kecamatan, Pihak Rumah sakit/Puskesmas dalam menghadapi Pandemi Corona yang masih melanda Indonesia bahkan seluruh dunia.

Pada saat singgah dibeberapa desa dan kecamatan guna memberikan bantuan penanganan pandemi corona tak lupa Kapolres Tojo Una-Una dan Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean memberikan sosialisasi untuk melakukan pengambilan ikan dengan cara yang ramah lingkungan, bukan dengan cara-cara yang illegal dan merusak lingkungan serta dalam rangka pandemi covid 19 yang mana telah diberlakukan new normal disampaikan bahwa dalam setiap aktivitas tetap mengacu pada protokol kesehatan seperti selalu mencuci tangan, menggunakan masker serta membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Sumber : Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini