Evakuasi Beruang Madu di Keluahan Bukt Timah

Kamis, 04 Juni 2020

Pekanbaru, 4 Juni 2020 - Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Besar KSDA Riau berhasil melakukan Evakuasi 2 (dua) ekor Beruang Madu (Helarctos Malayanus) yang berkeliaran di pekarangan warga Kel. Bukit Timah, Dumai Selatan sejak beberapa hari terakhir dan menyebabkan keresahan pada hari Rabu, 31 Mei 2020. Lokasi berdekatan dengan Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai. 

Tim berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan kelompok pecinta alam Dumai untuk melakukan upaya penggiringan ke habitatnya. Namun satwa Beruang Madu yang ternyata berjumlah 2 (dua) ekor yaitu induk yang cukup besar dan anaknya membuat Tim cukup kewalahan untuk melakukan penggiringan. Tim WRU yang terdiri dari dokter hewan, paramedis, Tim pembius dan beberapa anggota Resort Dumai akhirnya memutuskan untuk melakukan Evakuasi dengan pembiusan. Pembiusan pertama berhasil dilakukan terhadap anak Beruang yang karena kepanikannya sempat menaiki pohon kelapa.

 

Dengan berbagai cara Tim berhasil membujuknya turun dan kemudian melakukan pembiusan terhadap anak Beruang tersebut. Pembiusan anak Beruang ternyata berhasil membuat induk Beruang keluar dari persembunyiannya dan kemudian tanpa menunggu waktu lagi Tim segera melakukan pembiusan induk Beruang walaupun cukup mengalami kesulitan. Beberapa kali upaya pembiusan terhadap induk Beruang yang cukup besar sempat mengalami kegagalan. Akhirnya, Rabu, 3 Juni 2020 dini hari, Tim berhasil melakukan pembiusan terhadap induk Beruang tersebut.

Kedua satwa dilindungi langsung diangkut menggunakan 2 (dua) kerangkeng untuk dievakuasi ke tempat yang jauh dari pemukiman penduduk untuk dilepasliarkan ke habitatnya. Salam tangguh.

 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini