Berbagi Asa di Bulan Berkah untuk Daerah Penyangga TNGGP

Kamis, 14 Mei 2020

Goalpara, 12 Mei 2020. Sebagai salah satu unit terkecil pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di lapangan, dalam kesehariannya petugas resort tentunya berbaur langsung dengan masyarakat sekitar, baik masyarakat biasa, pemuka agama, tokoh dan sesepuh semua dirangkul demi terciptanya kondisi harmonis dan kondusif.

Selama musim hujan petugas Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Goalpara Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di Goalpara selalu mengingatkan warga agar selalu waspada terkait ancaman bencana yang mungkin terjadi. Namun kejadian yang tak terduga akhirnya terjadi, di tengah kondisi wabah Covid 19 yang saat ini sedang dirasakan oleh semua pihak, tanah longsor meluluhlantahkan rumah salah satu warga di kampung tersebut. Meski tidak ada korban jiwa, nyatanya terdapat dua kepala keluarga yang merupakan anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP) terdampak dan kehilangan tempat tinggal akibat kejadian longsor tersebut.

 

Karena kondisi darurat maka untuk sementara waktu bagi warga yang terdampak tersebut menempati pos jaga Resort PTN Goalpara. Tak berhenti disitu, Balai Besar TNGGP melalui Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Syahrial Anuar dan Kepala Seksi PTN Wilayah IV Situgunung, Luki Turniajaya sebagai bentuk kepedulian sosial, melakukan kunjungan dan memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok.

Sebagai informasi, posisi kantor Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Goalpara berada di wilayah Desa Langensari, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi tepatnya di Kp. Bunisari. Maka interaksi paling intensif tentunya dengan masyarakat Kp. Bunisari yang sebagian besar bertempat tinggal di lahan milik PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII Goalpara dan bermata pencaharian berkebun pada lahan dengan kemiringan kadang-kadang lebih dari 45° dan memiliki kondisi topografi yang cukup berat.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks & foto : Agus Deni – Pengendali Ekosistem Hutan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini