Patroli Bersama MMP Resort 8 SPTN Wilayah III Muarasoma  

Rabu, 13 Mei 2020

Panyabungan, 13 Mei 2020. Patroli bersama Masyarakat Mitra Polhut (MMP) di Resort 8 Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Muarasoma Balai Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) yaitu untuk mengetahui perkembangan terbaru kondisi di luar maupun di dalam kawasan hutan TN. Batang Gadis dari segala ancaman baik tipihut, kerusakan hutan, konflik satwa dan lain - lain.

Metode Patroli Bersama MMP yang digunakan sesuai petunjuk teknis dan rencana kerja patroli yaitu dengan metode SMART RBM (Spatial Monitoring and Reporting Tool Resort Based Management) yaitu jelajah dengan cara menyelusuri jalur/track patroli yang sudah ada atau sudah pernah di tempuh dan juga dengan merintis atau membuka jalur baru untuk menuju tempat tertentu yang diinginkan dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis. Serta mengamati dan mencatat potensi kawasan taman nasional berupa pertemuan satwa baik langsung maupun tidak langsung serta tanaman langka yang ada di sekitar jalur patroli.

Patroli dilaksanakan dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan aparat Desa Tor Naincat. Selain mengamati tanda tipihut, pada patroli MMP ini tim membuat tanda batas kawasan di batas kawasan di jalan setapak yg biasa dilalui oleh masyarakat setempat.

Ketua tim Resort 8 menyampaikan “Pemasangan tanda batas ini berfungsi agar masyarakat sekitar kawasan mengetahui tanda batas dengan Hutan Kawasan Taman Nasional Batang Gadis , pembuatan tanda batas akan dilakukan disetiap kegiatan patroli MMP di lokasi lain berikutnya".

Terdapat fitur alami berupa sungai dan air terjun didalam kawasan TNBG sekitar Desa Tor Naincat dengan kualitas air yang bersih dan jernih juga terdapat satu kayu keras (jenis medang) tumbang secara alami, dan beberapa tanda keberadaan satwa (suara) dengan jenis siamang, dan rangkong. Beberapa flora anggrek jenis anggrek kelelawar hitam yang belum mekar juga nampak saat sedang melakukan penyisiran hutan.

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini