Rumah Baca Bahari di Desa Tarupa, Berminat Berdonasi Buku?

Kamis, 09 April 2020

Resort Tarupa - Taman Nasional Taka Bonerate, 09 April 2020. Sudah ada Rumah Baca di Desa Tarupa, Kecamatan Taka Bonerate Kabupaten Kepulauan Selayar. Desa ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, jaraknya sekitar 5 jam mengendarai kapal kayu "jolloro" baru tiba di desa ini dari Pelabuhan Pattumbukan - Selayar.

Diberi nama "Rumah Baca Bahari Tarupa", rumah baca ini dibangun berdampingan dengan kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Tarupa dan pos jaga Resor Tarupa. Dengan tujuan untuk memudahkan teman-teman petugas jaga memantau anak-anak.

Dibangun atas inisiasi oleh Kepala SPTN Wilayah I Tarupa bapak Raduan dan teman-teman di Resor Tarupa.

"Bangunannya sederhana, namun untuk sementara cukuplah buat anak-anak untuk Berkumpul membaca," ujar Raduan.

Sama halnya dengan bangunan baru, masih banyak yg perlu dibenahi, seperti koleksi buku dan raknya.

Namun yang terpenting adalah semangat dan minat anak-anak Tarupa untuk membacanya. Setiap ba'da Ashar anak-anak Tarupa berkumpul, dipandu oleh teman-teman petugas untuk mengaji dan belajar membaca dan berhitung.

Oia, #sahabataka yang berminat untuk mengirimkan atau mendonasikan beberapa buku bekas yang masih layak ataupun baru silahkan hubungi sosial media Balai TN Taka Bonerate (Instagram @takabonerate_np, halaman facebook Taman Nasional Taka Bonerate/ Call Center 0811-418-481)

Menurut BeAnn Younker, Kepala Sekolah di Battle Ground Middle School, Indiana, Amerika Serikat, bahwa untuk menumbuhkan minat baca seumur hidup kita perlu mengajak anak-anak secara aktif terlibat dalam proses membaca, dan membuat mereka berinteraksi dengan orang dewasa, ini adalah kunci untuk menumbuhkan minat dalam membaca.

Sumber : Balai Taman Nasional Taka Bonerate

[Sumber teks © @asritntbr - PEH, Foto © Ahmad Bustam - Staf SPTN Wil.I Tarupa]

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini