66 Butir Telur Penyu Diamankan Masyarakat dan Petugas Balai TN Taka Bonerate

Senin, 02 Desember 2019

Resort Jinato - TN Taka Bonerate, 2 Desember 2019. Balai Taman Nasional Taka Bonerate kembali mendapatkan laporan dari teman-teman di Resort Jinato berupa sarang penyu yang berisi 66 telur di selatan pulau Jinato. Laporan tersebut dilaporkan oleh masyarakat an. Hasse, warga yang sama melaporkan beberapa hari lalu keberadaan jejak sarang di pulau ini. Selanjutnya laporan tersebut ditindak lanjuti oleh anggota Resort Jinato (PEH dan P3K) yang sementara piket hari itu kemudian dilakukan pengukuran, pengumpulan dan identiflkasi awal sarang dan telur penyu tersebut.

Adapun data detail yang diperolah adalah telur 66 butir, lebar sarang 130 cm, kedalaman sarang 50 cm, lebar jejak 80 cm, jarak pasang terendah 6 meter dari titik sarang penyu ditemukan. Dugaan sementara sarang ini berjenis penyu Hijau. Sambil menunggu arahan selanjutnya Untuk menghindari predator, petugas memindahkan ke tempat peneluran semi alami di dekat resort Jinato.

"Posisi telur telah kami amankan di sekitar resort jinato untuk memudahkan pengawasan dan tindakan selanjutnya" Ucap Gunawan salah satu petugas resort jinato yang berstatus P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Sumber : Asri - PEH Penyelia Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini