Perguliran Ikan Arwana Merah Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Senin, 02 Desember 2019

Semitau, 3 November 2019. Antusiasme masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat yang digagas pada Tahun 2017 cukup tinggi. Hal ini terlihat dari masyarakat yang menyaksikan perguliran Ikan Arwana, turut hadir Kepala Seksi VI Semitau, Kepala Desa Laut Tawang, Kepala Dusun Kenelang, Kepala Dusun Empanang, beberapa pengurus Desa dan BPD, Penyuluh Kehutanan, serta petugas Resort Tengkidap.

Kelompok “Usaha Bersama” yang beranggotakan 30 orang telah memperoleh bantuan 30 ekor Ikan Arwana, merupakan satu dari sekian banyak kelompok Perbesaran dan Perguliran Ikan Arwana yang ada di kawasan Danau Sentarum. “Kami sangat berterima kasih kepada pihak Taman Nasional yang telah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat seperti ini sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat secara langsung untuk meningkatkan kesejahteraannya ” Ujar Kepala Desa Laut Tawang dalam kata sambutannya.

Pada tahun 2019 Kelompok “Usaha Bersama” (setelah 2 tahun) wajib menggulirkan Ikan Arwana kepada kelompok baru dengan jumlah yang sama seperti awal pemberian bantuan yaitu sebanyak 30 ekor dengan tujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang lain ikut merasakan manfaat dari adanya program pemberdayaan masyarakat ini dalam upaya pemerataan ekonomi kepada masyarakat.  

Kepala Seksi VI Semitau juga menyampaikan kepada masyarakat, “Salah satu program yang dilaksanakan oleh Balai Besar Tana Bentarum dalam rangka pemberdayaan masyarakat  khususnya yang berada di dalam kawasan yaitu melalui kegiatan pembesaran dan perguliran Ikan Arwana skala rumahan yang dilakukan secara bergulir dari satu kelompok ke kelompok masyarakat lainnya. Harapan kedepannya akan lebih banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan manfaat dari kegiatan pemberdayaan ini.”

Perguliran Ikan dari kelompok “Usaha Bersama” tersebut bergulir kepada kelompok “Jaya Maju” dari Dusun Kenelang dan kelompok “Empanang Lestari” dari Dusun Empanang yang masing-masing beranggotakan 15 orang. Dengan adanya perguliran tersebut diharapkan akan terus berkelanjutan, sehingga dapat mensejahterakan masyarakat.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini