Desa Binaan Unung Ilu Mung Siap menjadi Sentra Penghasil Kerajinan Anyaman Rotan

Jumat, 29 November 2019

Malinau, 29 November 2019. Memiliki potensi rotan yang melimpah di Desa Long Jelet semestinya menjadi anugerah bagi masyarakat. Potensi alam ini berpeluang meningkatkan perekonomian masyarakat jika dikembangkan sebagai salah satu usaha ekonomi produktif. Selama ini pemanfaatan rotan oleh masyarakat Desa Long Jelet lebih cenderung untuk perlengkapan sehari-sehari seperti anjat (tas punggung) dan keranjang, padahal prospek pasar kerajinan berbahan baku rotan cukup luas dan menjanjikan. Pengolahan bahan baku rotan pun dilakukan dengan proses yang masih tradisional, sehingga belum mampu memproduksi kerajinan anyaman rotan dalam jumlah besar.

Berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di penyangga melalui skema Desa Binaan, Balai TN. Kayan Mentarang memfasilitasi Desa Long Jelet dalam penyediaan sarana dan prasarana pengolahan rotan melalui Kelompok Desa Binaan Unung Ilu Mung. Bantuan ini pun dilaksanakan secara swakelola oleh Kelompok Desa Binaan dengan didampingi Penyuluh Kehutanan. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong partisipasi masyarakat secara bersama-sama merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi agar fasilitas yang diberikan dapat tepat sasaran dan tepat manfaat.

Dari fasilitasi pengadaan yang diberikan, sejumlah peralatan kegiatan pengolahan rotan telah diserahkan kepada Desa Binaan yakni mesin split rotan 1 unit, mesin penipis rotan 1 unit, hand sprayer 6 unit, mesin potong rumput 2 unit, dan 1 rol kabel 2x2,5  50 m. Harapannya bantuan ini akan meningkatkan jumlah produksi kerajinan anyaman rotan yang lebih bervariatif, bernilai jual dan tentunya berkelanjutan sehingga dapat menjadi salah satu tumpuan kehidupan masyarakat Desa Long Jelet.

“Kami sangat senang dengan adanya bantuan yang diberikan oleh Balai TN. Kayan Mentarang, kami akan terus belajar dan kami berharap terus ada pendampingan agar kami mampu berinovasi mengembangkan produk-produk baru yang yang dapat dikenal dan diterima oleh pasar” ujar Lengken Usang selaku Ketua Desa Binaan Unung Ilu Mung saat serah terima bantuan.

Sumber: Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini