Bersama Babinsa, Masyarakat temukan 90 Butir Telur Penyu

Jumat, 08 November 2019

Pulau Jinato, 8 November 2019. Masyarakat di Pulau Jinato kembali menemukan jejak penyu di sisi selatan pulau tersebut kemarin Rabu (6/11). Dengan segera, masyrakat melaporkan hal tersebut ke pos petugas SPTN Wil II Jinato, Balai Taman Nasional Taka Bonerate.

Berangkat dari informasi itu, petugas bersama masyarakat MMP dan BABINSA Jinato Hasan kemudian melakukan penelurusan dan benar ada jejak penyu tepatnya pada koordinat 06° 45' 52,0"S sd. 120°58'02,5"E. Setelah melakukan pencarian ditemukanlah sarang di bibir pantai sekitar 1.5 m dari pasang tertinggi pada semak-semak terlindungi.

Kemudian petugas melakukan pengkuran sarang dan lebar jejak kaki si Penyu. Berikut hasil identifikasi yang dilakukan lebar sarang 1,35 cm jarak sarang dri surut terendah 15 m
lebar jejak kaki yang ditinggal si Penyu 1,20 cm.

"Kami akan pindahkan ke tempat yang lebih aman supaya terhindar dari predator untuk dilakukan penetasan" Ucap Sunadi Buki, salah satu PEH yang ditempatkan di Pos Jaga Resor Pulau Jinato.

Dari data jejak dan posisi sarang kuat dugaan penyu berjenis penyu sisik dengan jumlah telur sebanyak 90 butir lanjut keterangan beliau.

Semoga dengan meningkatnya laporan masyarakat atas temuan biota yang dilindungi ini, menjadi indikasi meningkatnya kesadaran dan pastisipasi masyarakat dalam pelestarian biota dilindungi dan pengelolaan  taman nasional Taka Bonerate lebih baik.

Sumber Teks Asri - PEH Penyelia Balai TN Taka Bonerate
Sumber Foto Sunadi Buki - Penyelia Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini