BBKSDA Papua Amankan Pemburu di Kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop

Kamis, 07 November 2019

Jayapura, 7 November 2019. Tim Resort Port Numbay, Balai Besar KSDA Papua bersama Masyarakat Mitra Polhut dan Serma Murdiyanto dari Satuan Koramil 1701-02 Jayapura Utara, berhasil mengamankan seorang pemburu di dalam kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop. Peristiwa tersebut berlangsung Rabu (6/11) pada titik koordinat 02?31?59.165?? S 140?41?17.665?? E.

Kepala Resort Port Numbay, Balai Besar KSDA Papua, Victory S. Karubaba, menyatakan pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat mengenai aktivitas perburuan di dalam kawasan. “Kami bergerak ke dalam kawasan, dan ternyata pemburu itu sudah masuk sangat jauh, di Grid 94 Resort Port Numbay,” kata Victory. Dari penjelasan tersebut dapat diperkirakan seberapa jauh pemburu masuk ke dalam kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop, karena luasan satu grid adalah 100 hektar.

Victory bersama tim memergoki pemburu tersebut sedang membidik target berupa burung di atas dahan pohon menggunakan senapan angin. Namun karena panik dengan kehadiran Victiry bersama timnya, pemburu kemudian melepaskan tembakan ke tanah. Barang bukti berupa senapan angin bersama pemburu berinisial HA kemudian dibawa ke kantor Balai Besar KSDA Papua untuk menjalani proses lebih lanjut.

Serma Murdiyanto menyatakan pihaknya akan terus bersinergi bersama Balai Besar KSDA Papua dalam pengamanan kawasan beserta seluruh sumber daya yang terkandung di dalamnya. “Setiap tim Resort Port Numbay melakukan patroli, kami selalu memberikan dukungan. Ke depan tentu akan terus bekerja sama,” ungkap Serma Murdiyanto.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S. Hut., M. Si., menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik, termasuk dari masyarakat dan pihak keamanan. Edward mengatakan, “Menjaga kekayaan keanekaragaman hayati sama pentingnya dengan menjaga keamanan negara, dan itu menjadi tugas bersama. Bayangkan bagaimana bila kekayaan keanekaragaman hayati kita punah, negara kita akan kosong, tidak ada kebanggaan di dalamnya. Pengamanan pemburu ini merupakan bentuk implementasi kerja sama yang sangat baik di antara pihak-pihak terkait. Ke depan saya harap masyarakat semakin sadar dan turut bersama-sama menjaga sumber daya alam hayati kita.” (djr)

Sumber            : BBKSDA Papua

Call Center      : 0823-9802-9978        

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini