Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Nokilalaki (2355 Mdpl)

Selasa, 20 Agustus 2019

Tongoa,  17 Agustus 2019. Peringatan Hari Ulang Tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia ke 74 lingkup Balai Besar Taman Nasional Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) tahun ini dilaksanakan berbeda dari sebelumnya. Paguyuban Pelayanan Pendakian Gunung Nokilalaki bekerjasama dengan BBTNLL melaksanakan kegiatan pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Nokilalaki yang merupakan salah satu destinasi pendakian gunung populer di Sulawesi Tengah. Gunung yang memiliki ketinggian 2355 Mdpl ini masuk ke dalam kawasan Resort Kadidia - SPTNW III Tongoa  dan sedang dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata minat khusus dengan sitem pelayanan yang terintegrasi dan kolaboratif sehingga dianggap “cocok” untuk dijadikan lokasi peringatan hari besar Bangsa Indonesia tahun ini.

Pendakian bersama yang dikoordinatori oleh Ketua Paguyuban Pelayanan Pendakian Gunung Nokilalaki ini dihadiri oleh unsur kepolisian sebanyak 2 regu yaitu anggota BRIMOB Polda Sulteng dan Kepolisian Resort Sigi, BASARNAS Sulawesi Tengah, Kelompok Pencinta Alam se Sulawesi Tengah, unsur Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah dan Kabupaten Sigi, pejabat struktural dan staf Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, serta para pengunjung/ wisatawan Gunung Nokilalaki. Jumlah peserta yang mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT NKRI ke 74 di Gunung Nokilalaki berjumlah sekitar 200 orang, dan sebagian peserta sampai di puncak Gunung Nokilalaki.

Pendakian ke puncak Gunung Nokilalaki melalui jalur pendakian di Desa Tongoa dan menempuh perjalanan sejauh 8,16 Km. Sepanjang jalur pendakian disuguhkan pemandangan indah hutan dengan udara yang sejuk serta medan yang cukup menantang. Pendakian dimulai tanggal 16 Agustus 2019 menuju shelter 2 jalur pendakian Gunung Nokilalaki untuk kemudian membangun basecamp persiapan menuju puncak Gunung Nokilalaki esok harinya. Sebelum perjalanan menuju puncak terlebih dahulu dilakukan briefing dan arahan dari Kepala Balai Besar TNLL pada pagi hari tanggal 17 Agustus 2019. “ kita berharap kegiatan ini berlanjut dan menjadi agenda tahunan di sini, dan ini merupakan momentum untuk membangkitkan pariwisata di Kabupaten Sigi” ujar Ir. Jusman dalam arahannya. Jalur pendakian Gunung Nokilalaki memang merupakan salah satu destinasi pendakian bagi para pencinta alam dan pendaki di Sulawesi Tengah yang harus didukung oleh multipihak dan standar pelayanan yang baik. “semoga dengan kerjasama antar stakeholder mampu membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat di sekitar Gunung Nokilalaki ini” Ir. Jusman dalam arahannya pagi itu yang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju puncak tepat pukul 07.00 WITA.

Pukul 11.00 WITA dengan membawa semangat kemerdekaan Republik Indonesia tim ekspedisi upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Nokilalaki pun tiba di puncak disambut oleh belaian kabut dan kicauan angin berlapis udara sejuk. Pada pelaksanaannya Kepala Balai Besar TNLL (Ir. Jusman) sebagai Inspektur upacara, komandan upacara oleh Koordinator Polhut BBTNLL (Syukur Asa), kemudian sebagai petugas pengibar sang saka merah putih adalah CPNS dari BBTNLL. Upacara pengibaran bendera berlangsung khidmat di atas puncak Gunung Nokilalaki dan bersama dengan alunan lagu Indonesia Raya Sang Merah Putih pun berkibar, dan tepat pukul 12.00 WITA upacara di puncak selesai dilaksanakan.

Dengan semangat kemerdekaan dan kolaborasi antar Instansi serta unsur organisasi masyarakat kegiatan dapat berjalan lancar, semoga dengan semangat peringatan  HUT NKRI ke 74 tahun ini yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju” mampu tertanam di setiap unsur Bangsa Indonesia. Merdeka !! salam lestari !!

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini