Rehabilitasi Terumbu Karang dengan Biorock oleh TN Kepulauan Seribu

Selasa, 25 April 2017

Kepulauan Seribu, Jakarta, 25 April 2017. Balai TN Kepulauan Seribu menggunakan teknologi “Biorock” untuk merehabilitasi terumbu karang.  Dua unit instalasi seni bawah air untuk terumbu karang (ARTificial Reef) berbentuk piramida karya seniman nasional, Teguh Ostenrik, dengan panjang 6 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4 meter ditenggelamkan ke laut sebagai habitat buatan. Penggunaan instalasi seni bawah air yang dipadukan dengan teknologi biorock adalah salah satu bentuk kombinasi seni, teknologi dan konservasi terumbu karang. Kepala Balai TN Kepulauan Seribu, Ir Evi Haerlina secara simbolis membuka kegiatan penenggelaman habitat buatan untuk rehabilitasi terumbu karang dengan pemotongan tumpeng pada tanggal 25 April 2017 di perairan Pulau Sepa Wilayah SPTN II Pulau Harapan. Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak antara lain Yayasan Terumbu Rupa, Biorock Indonesia, masyarakat selam indonesia, Resort Wisata Pulau Sepa dan kelompok masyarakat.

Biorock adalah suatu proses teknologi pelapisan mineral yang berlangsung di dalam laut. Teknologi ini bekerja menggunakan proses elektrolisis air laut yaitu dengan meletakan dua elektroda di dasar laut dan dialiri dengan listrik searah bertegangan rendah yang aman sehingga memungkinkan mineral pada air laut mengkristal di atas elektroda. Aliran listrik menggunakan sumber tenaga surya (solar sell) yang merupakan energi terbarukan dan ramah lingkungan.

Teknologi “Biorock” yang dikombinasikan dengan ARTificial Reef sebagai habitat buatan ini baru pertama kali diaplikasikan di Taman Nasional Kepulauan Seribu. Selama ini, rehabilitasi terumbu karang di TN Kepulauan Seribu dilakukan dengan metode transplantasi karang. Diharapakan dengan teknologi biorock pertumbuhan terumbu karang lebih cepat dibandingkan dengan metode lainnya. Selain itu kombinasi dengan karya seni bawah air sebagai habitat buatan dengan aneka ragam bentuk dapat menjadi atraksi wisata bawah air yang menarik.@jtr

Sumber Info : Balai TN Kepulauan Seribu

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini