Rapat Evaluasi Mitra Kerja Balai TN Bukit Tiga Puluh Digelar

Jumat, 31 Mei 2019

Rengat, 29  Mei 2019. Kawasan konservasi tidak dapat dikelola sendiri, Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) dengan segala potensi dan ancamannya membutuhkan mitra kerja untuk mengelola kawasan. Adapun mitra kerja TNBT yang berada dibawah naungan Perjanjian Kerja Sama (PKS) meliputi Yayasan Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera (PKHS), Frankfurt Zoological Society (FZS), PT. Lestari Asri Jaya (LAJ) dan Konsorsium Batabuh Tigapuluh. Hanya saja masih terdapat permasalahan dalam tahapan pelaksanaan kegiatan kemitraan. Maka dari itu, kedua pihak harus duduk bersama untuk mencari perumusan masalah dan menemukan solusinya bersama. Tepat pada Selasa 28 Mei 2019, semua mitra kerja TNBT duduk bersama melakukan rapat evaluasi. Pejabat Eselon IV Lingkup Balai TNBT, pejabat Fungsional Polhut, Penyuluh dan PEH lingkup TNBT , bersama dengan berbagai pihak terkait antara lain KPH Indragiri Hulu dan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Indragiri Hulu turut diundang. Ruangan aula Balai TNBT terisi penuh dengan para undangan.

Kepala Balai TNBT Darmanto memberikan pengantar mengenai fungsi mitra kerja dan tujuan pelaksanaan kegiatan. Rapat Evaluasi Mitra Kerja dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indragiri Hulu Ir. Slamet, MM. Beliau berharap agar melalui rapat evaluasi ini dapat menyamakan persepsi untuk mendukung kelestarian kawasan TNBT. Kepala Sub Bagian Tata Usaha Azmardi menyampaikan gambaran umum mengenai Rencana Pengelolaan Jangka Panjang TNBT kaitannya dengan kegiatan lingkup Balai TNBT yang telah tercapai. Azmardi menyampaikan peluang mitra untuk terlibat dalam pengelolaan kawasan TNBT cukup besar dan diharapkan dapat menginisiasi kegiatan pendukung sehingga tercipta sinergitas.

Selanjutnya, semua mitra kerja diberi kesempatan untuk menyampaikan masing-masing capaian kegiatan dalam bentuk diskusi panel. Masing-masing mitra berbicara dan menyampaikan hasil kegiatannya dan permasalahan yang dihadapi. Diskusi panel dimoderatori oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Belilas Lukman Hery Prasetyo.

Berdasarkan diskusi bersama akhirnya tersusun rumusan rapat, sebagai bentuk kesepakatan bersama terhadap tindak lanjut kerjasama kedepannya. Adapun Rumusan Rapat Evaluasi Mitra Kerja Balai TNBT adalah sebagai berikut :
1) Mitra Kerja Balai TNBT memandang penting kegiatan Rapat Evaluasi Mitra Kerja TNBT
2) Kegiatan Balai TNBT yang didukung oleh mitra kerja disesuaikan dengan tujuan yang telah ditetapkan masing-masing mitra kerja
3) Perlunya sinergisitas dalam konsep pemberdayaan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan
4) Perlunya sinergisitas dalam konservasi tumbuhan dan satwa liar dan ekosistemnya
5) Perlunya jaringan komunikasi di tingkat Balai sebagai penghubung bagi mitra kerja yang ditetapkan oleh Kepala Balai.

Hasil Rapat Evaluasi Mitra Kerja Balai TNBT memandang penting kegiatan evaluasi dan menyepakati perlunya jejaring komunikasi antar mitra guna meningkatkan peran mitra dalam mendukung pengelolaan kawasan TNBT.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini