Transplantasi Terumbu Karang Di Zona Rehabilitasi SPTN Wilayah III Popolii Balai TN Kepulauan Togean

Kamis, 02 Mei 2019

Ampana, 2 Mei 2019. Balai Taman Nasional Kepulauan Togean, melalui Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Popolii kembali melakukan giat pemulihan ekosistem terumbu karang. Pemulihan ekosistem terumbu karang dilakukan melalui transplantasi terumbu karang pada tanggal 25 – 30 April 2019, di zona rehabilitasi Reef Lumpatan pada koordinat 122,19030 BT; -0,19240 LS. Jumlah substrat yang digunakan dalam kegiatan ini berjumlah 120 unit, dengan fragmen karang ditanam per substrat sebanyak 15 bibit, sehingga diketahui sebanyak 1800 bibit karang ditanam dalam kegiatan ini.

Selain sebagai upaya pemulihan ekosistem sebagaimana tertuang dalam Dokumen Rencana Pemulihan Ekosistem Taman Nasional Kepulauan Togean, kegiatan transplantasi terumbu karang juga merupakan suatu bentuk kegiatan penyadartahuan masyarakat sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat karena dalam setiap pelaksanaan transplantasi terumbu karang, Taman Nasional Kepulauan Togean senantiasa aktif melibatkan peran serta masyarakat. Sebanyak 12 personil tim transplantasi terumbu karang dibantu oleh ± 40 orang masyarakat yang berasal dari empat desa penyangga taman nasional, yang terdiri dari Desa Popolii, Desa Dolong, Desa Kolami dan Desa Luok bekerja sama dalam setiap tahapan transplantasi, dimulai dari proses pengambilan bibit, proses pengikatan fragmen karang di substrat, labelling sample pengamatan pertumbuhan terumbu karang, distribusi substrat ke lokasi penanaman hingga proses penyusunan substrat di dasar laut.

Hariadi Siswantoro, selaku Kepala SPTN Wilayah III Popolii menyampaikan bahwa  salah satu tugas Taman Nasional Kepulauan Togean khususnya di kawasan perairan adalah mencegah kerusakan terumbu karang akibat aktivitas illegal fishing melalui kegiatan pengamanan kawasan dan juga memperbaiki terumbu karang yang telah mengalami kerusakan melalui kegiatan transplantasi terumbu karang.

Sumber: Irvan Dali - Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Kepulauan Togean

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini