Wawasan Konservasi untuk Para Pewarta di Jayapura

Jumat, 05 April 2019

Jayapura, 3 April 2019. Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut., M.Si., memberikan materi kepada para pewarta di Jayapura pada Selasa (2/4). Bertempat di Hotel Horex, Sentani, Kabupaten Jayapura, kegiatan tersebut mengusung tema besar “Pengelolaan Hutan Cycloop Mengatasi Ancaman dan Menyelamatkan Sumber Air Kabupaten dan Kota”.

Secara khusus, Edward Sembiring memberikan materi tentang Cagar Alam Pegunungan Cycloop kepada peserta yang berjumlah 32 orang. “Setidaknya ada tujuh isu penting di dalam kawasan Penyangga dan Cagar Alam Pegunungan Cycloop, dan ini perlu kita telaah bersama, kemudian menyikapinya secara bijak bersama-sama pula,” ungkap Edward. Dapat disebutkan isu-isu tersebut adalah tekanan permukiman di kawasan penyangga, perambahan dan perburuan, ruang kelola kawasan penyangga terhadap tata ruang Kota dan Kabupaten Jayapura, aktivitas wisata pendakian di dalam kawasan, sumber mata air yang mengering, banjir ketika musim hujan, dan degradasi ekosistem.

Dalam penyampaian materinya, tampak Edward Sembiring menekankan mengenai terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan, juga peningkatan kapasitas ekonomi dan sosial budaya masyarakat di sekitar kawasan. Lebih lanjut, Edward menyatakan bahwa Cagar Alam Pegunungan Cycloop dapat dimanfaatkan untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, juga pendidikan dan kesadaran masyarakat tentang konservasi alam. Hal ini sesuai dengan tiga pilar pengelolaan cagar alam, yaitu perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan. Materi tersebut dilengkapi juga dengan wawasan mengenai Resort Based Management (RBM) yang belum terlalu familiar di kalangan para pewarta di Jayapura. Terbukti, di akhir tahun 2018 masih banyak pewarta di Jayapura yang mempertanyakan, misalnya, benarkah Balai Besar KSDA Papua mendirikan lima resort di kawasan Cagar Alam Pegunungan Cycloop? Resort seperti apa yang dimaksud?

Sejak berbagai pertanyaan mengenai resort itu muncul, Balai Besar KSDA Papua lebih aktif mengeluarkan siaran pers tentang resort, dan semakin lengkap dengan paparan materi Kepala Balai Besar KSDA Papua dalam kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut. Diharapkan, pada waktu-waktu mendatang para pewarta di Jayapura dapat mendukung dan menyiarkan berita-berita konservasi di Papua secara bijaksana, baik, dan tepat sasaran bagi seluruh masyarakat di Kota dan Kabupaten Jayapura, dan di Papua secara umum.

 

Sumber            : Balai Besar KSDA Papua

Call Center      : 0823-9802-9978

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini