IKA SKMA, GerbangMas dan Hari Bhakti Rimbawan di TN. Taka Bonerate

Selasa, 19 Maret 2019

Pulau Tinabo - Taman Nasional Taka Bonerate, 18 Maret 2019. Setiap tanggal 16 Maret merupakan hari spesial buat teman-teman Rimbawan, karena pada tanggal itu dicanangkan sebagai hari Bhakti Rimbawan. Banyak agenda kegiatan yang dilaksanakan mulai dari lomba-lomba tradisional, bakti sosial seperti donor darah sampai aksi lingkungan berupa kegiatan penanaman.

Tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini dilaksanakan gerakan penanaman yang dilakukan oleh seluruh anggota Ikatan Alumni SKMA (Sekolah Kehutanan Menengah Atas) bersama dengan Unit Pelaksana Teknis Kementerian LHK di 34 Propinsi secara serentak pada tanggal 16 Maret.

Sekedar informasi bahwa "GerbangMas" adalah akronim dari Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak adalah sebuah gerakan yang menjadi semangat bagi anggota IKA SKMA untuk terus menerus menorehkan kebaikan bagi lingkungan. Gerakan ini juga menjadi bukti kerja nyata IKA SKMA sebagai bagian dari Rimbawan Indonesia dalam memaknai hari Bakti Rimbawan ke 36 tahun 2019.

Tak mau ketinggalan alumni SKMA yang ditempat tugaskan di Taman Nasional Taka Bonerate turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Alumni SKMA yang ditempatkan di TN. Taka Bonerate berjumlah 13 orang saat ini" Jelas Saleh Rahman alumni SKMA Ujung Pandang angkatan VII. Bersama- sama dengan Kepala Balai Faat Rudhianto dan personil yang ada di Pulau Tinabo melaksanakan kegiatan penanaman serentak ini. Kegiatan ini sekaligus diintegrasikan dengan program Taman Nasional Taka Bonerate “Sebuah Nama untuk Hijaukan Tinabo” jelas Saleh Rahman.

Disesuaikan dengan ekosistem pantai, bibit yang ditanam adalah jenis tanaman perintis pantai berupa cemara laut (Casuarina equisteifolia) berjumlah 20 bibit.

"Terima kasih buat teman-teman di Pulau Tinabo terkhusus buat adek-adek alumni SKMA yang telah melaksanakan kegiatan ini, walaupun jumlahnya tidak seberapa tapi maknanya besar, sekali lagi terima kasih dan Sukses GerbangMas dan Selamat Hari Bhakti Rimbawan ke 36" Ucap Faat Rudhianto.

Sumber Teks : Asri - PEH Balai Taman Nasional Taka Bonerate
Foto : Saleh Rahman - PEH Balai Taman Nasional  Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini