Terperangkap di Pintu Air, Warga Desa Punggur Kapuas dan BKSDA Kalbar Selamatkan Seekor Buaya

Senin, 11 Februari 2019

Pontianak, 11 Februari 2019. Seekor buaya muara berukuran  ±2 meter diamankan warga RT 003/002 Dusun Betutu Raya Desa Punggur Kapuas, Kubu Raya. Buaya tersebut ditemukan warga sedang terperangkap di pintu air sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Warga kemudian menangkap buaya tersebut menggunakan jerat dan mengamankannya di kolam ikan kantor Desa Punggur Kapuas. Mengetahui bahwa buaya termasuk satwa dilindungi, warga kemudian melaporkan ke BKSDA Kalbar untuk menyerahkan satwa tersebut.

Buaya berukuran ±2 meter tersebut merupakan buaya yang kerap muncul beberapa waktu terakhir di parit Dusun Betutu Raya. Keberadaannya sangat meresahkan warga, karena parit tersebut masih digunakan warga untuk keperluan sehari-hari seperti mandi cuci kakus (MCK).

 

Awal Januari melalui call center BKSDA Kalbar telah menerima laporan tentang keberadaan seekor buaya di parit Dusun Betutu Raya tersebut. Tim WRU BKSDA Kalbar kemudian turun untuk melakukan penyuluhan dan pemasangan himbauan untuk mengurangi aktifitas di sekitar parit. Buaya tersebut saat ini telah diamankan BKSDA Kalbar dan dititiprawatkan di lembaga konservasi Sinka Zoo.

Sadtata N Adirahmanta selaku Kepala BKSDA Kalbar menjelaskan, “Dalam beberapa bulan terakhir, pihak BKSDA Kalbar telah menerima laporan kemunculan buaya muara di sekitar pemukiman warga. Berbagai upaya telah dilakukan, diantaranya penyuluhan dan pemasangan papan himbauan untuk mengurangi aktifitas di sekitar parit dan tidak membuang sampah berupa bangkai binatang ke parit.” Beliau juga menambahkan “tidak dapat dipungkiri, berkurangnya habitat serta tingkat polusi sungai yang semakin tinggi membuat buaya mencari habitat yang lebih nyaman, salah satunya parit sekitar pemukiman warga. Selain kondisi parit yang relatif lebih bersih dari pencemaran air, kebiasaan warga membuang bangkai hewan ke parit turut memicu kemunculan buaya di sekitar pemukiman warga.”

 

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini